Usaha Paling Laris di Kampung

Posted on

Membuka usaha sebenarnya bisa dilakukan setiap orang dimana pun mereka tinggal, dan tidak begitu memerlukan latar belakang pendidikan yang tinggi. Selain itu, membuka usaha juga bisa dilakukan asalkan memiliki keahlian atau keterampilan, kemauan berusaha, dan yang terpenting adalah pandai-pandai mencari peluang di segala bidang jenis usaha, termasuk usaha yang dilakukan di kampung.

Ada beberapa jenis usaha paling laris di kampung yang sukses, mulai dari usaha warung kelontong, ternak unggas, budidaya ikan, budidaya tanaman hias, wisata alam, dan masih banyak lagi. Meskipun hanya berbentuk usaha kecil, namun tidak sedikit usaha pedesaan dan kampung yang berkembang pesat hingga bercabang ke daerah-daerah lain. Selain itu, usaha-usaha di pedesaan atau di kampung justru mendapat perhatian dari pemerintah daerah hingga pemerintah pusat supaya bisa lebih berkembang dan bisa berkontribusi dalam memajukan daerak kampung tersebut.

 

5 Usaha Paling Laris di Kampung

 

Usaha Paling Laris di Kampung
Usaha Paling Laris di Kampung

Jika Anda berminat melakukan sebuah bisnis usaha di kampung, Anda bisa mencoba beberapa usaha di kampung yang populer berikut ini :

  • – Membuka warung kelontong, karena warung kelontong merupakan usaha paling laris di kampung dan banyak peminatnya. Warung kelontong merupakan warung yang menjual berbagai keperluan rumah tangga, mulai dari sembako hingga sayur-mayur. Jenis usaha ini sebenarnya tidak hanya populer di kampung saja, tetapi juga di wilayah sekitar kota. Oleh karena barang-barang yang dijual merupakan barang-barang kebutuhan pokok masyarakat, maka usaha warung ini tidak akan pernah kehilangan pelanggan, sehingga menjadi peluang yang sangat menguntungkan. Apalagi untuk membuka usaha warung kelontong ini, modal yang diperlukan tidak terlalu besar. Cukup menggunakan teras rumah, Anda sudah bisa membuka warung kelontong.

 

  • – Usaha budidaya ikan juga menjadi usaha paling laris di kampung, karena lahan yang tersedia masih cukup luas, bibit ikan mudah didapat di pasar maupun di sekitar aliran sungai di kampung, perawatannya sangat mudah, dan hasil ikan tersebut sangat banyak permintaannya bahkan hingga ke luar daerah, sehingga omset penjualannya sangat besar. Jenis ikan yang sering dibudidaya oleh masyarakat yang tinggal di perkampungan atau di pedesaan yaitu ikan gurameh, ikan nila, ikan mujaer, lele, patin, bandeng, belut, sidat dan sebagainya. Modal yang diperlukan untuk usaha ini tidak begitu besar, namun supaya hasil panen ikan memuaskan dan ikan yang dibudidaya tidak banyak yang mati, sebaiknya pelajari karakteristik ikan yang akan dibudidaya, misalnya bagaimana kondisi lingkungan yang cocok, hingga jenis pakan apa yang paling baik. Usaha budidaya ikan ini biasanya akan mendapat perhatian dari dinas terkait untuk diberikan penyuluhan mengenai budidaya ikan yang baik, hingga diberi bantuan peralatan.

 

  • Usaha paling laris di kampung lainnya yaitu bisnis kerajinan tangan. Ada banyak kerajinan tangan yang biasanya dihasilkan dari penduduk pedesaan dari berbagai bahan alami hingga barang daur ulang, misalnya tudung saji, kemoceng, bunga, pajangan rumah, dan sebagainya.barang-barang kerajinan tangan ini nilainya cukup mahal karena memiliki keunikan tersendiri. Selain itu, dengan membuka jenis usaha ini, Anda bisa lebih memberdayakan dan membantu perekonomian masyarakat di kampung Anda. Teruslah mencari inovasi kerajinan tangan supaya barang kerajinan tersebut menjadi ciri khas kampung Anda.

Baca Juga:

 

  • – Usaha ternak hewan biasanya juga merupakan usaha paling laris di kampung, misalnya ternak sapi, kambing, domba, kerbau, ayam, bebek, dan sebagainya. Banyak penduduk yang tinggal di kampung menggeluti usaha ini, karena ketersediaan lahan di kamoung masih sangat luas. Selain itu, jumlah ketersediaan pangan yang berasal dari alam juga masih banyak, seperti rumput, dan masih banyak lagi. Hasil dari ternak ini biasanya dijadikan sebagai investasi bagi warga kampung untuk sewaktu-waktu dijual jika ada keperluan yang mendesak. Namun jika ternak hanya skala kecil, hasil ternak tersebut lebih sering dikonsumsi sendiri. Sedangkan jika ternak dalam skala besar memang biiasanya untuk dipasarkan hingga ke luar daerah.

 

  • – Usaha pertanian di perkampungan juga menjadi usaha favorit. Selain karena ketersediaan lahan yang masih cukup memadai, lingkungan yang masih alami pun menjadi faktor pendukung yang paling penting dalam usaha pertanian. Banyak masyarakat pedesaan yang masih bergantung dengan usaha paling laris di kampung ini sebagai sumber pangan. Jenis pertanian yang ada dikampung biasanya padi, sayur, singkong, ubi, buah-buahan, dan lain-lain. Cara yang digunakan untuk bertani biasanya sangat tradisional. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan hasil pertanian dan meningkatkan ketahanan pangan, pemerintah sering memberi bantuan kepada kelompok tani yang ada di pedesaan.

Itulah usaha paling laris di kampung yang sangat populer dan patut Anda coba. Meskipun jenis-jenis usaha yang ada di kampung dianggap sederhana, namun nyatanya masyarakat di sana yang menggantungkan hidupnya dari jenis-jenis usaha tersebut. Sebaiknya lakukan usaha apapun yang Anda lakukan dengan tekun supaya bisa berkembang dan mencapai kesuksesan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *