Tips Memulai Usaha Warung Kopi

Posted on

Tips Memulai Usaha Warung Kopi– Berbicara mengenai membuka usaha di bidang kuliner, salah satu yang menjadi primadona saat ini adalah warung kopi. Bagaimana tidak, warung kopi merupakan tempat yang nyaman bagi siapapun untuk menghabiskan waktu nongkrong baik sendiri atau bersama orang lain dalam waktu yang lama tanpa perlu khawatir diusir. Nah, jika Anda tertarik untuk memulai bisnis di bidang ini, berikut ada beberapa tips sebelum membuka warung kopi.

Untuk memulai usaha warung kopi sebenarnya tidak begitu sulit dan mengeluarkan banyak modal. Karena Anda dapat memulai usaha ini dari kecil-kecilan terlebih dahulu. Peluang usaha warung kopi dinilai memang sangat menguntungkan. Apa lagi minat pengopi saat ini tidak hanya dari karangan orang tua saja, namun kopi saat ini menjadi daya tarik bagi para remaja dan pemuda.

 

Tips Memulai Usaha Warung Kopi

 

Tips Memulai Usaha Warung Kopi
Tips Memulai Usaha Warung Kopi

 

  1. Dapatkan Modal yang Aman

Aman di sini maksudnya, Anda bukan meminjam dari kreditor yang mensyaratkan bunga yang tidak masuk akal. Ini sangat penting dalam memastikan keberlangsungan warung kopi Anda kedepannya. Anda bisa memilih untuk mendapatkan modal dari uang pribadi, pinjaman bank, atau dengan cara lainnya. Dari mana pun modal yang Anda gunakan, pastikan Anda bisa mengembalikannya dengan aman pula ketika usaha Anda telah sukses.

 

  1. Pilih Tempat dan Lokasi yang Tepat

Memilih tempat dan lokasi yang tepat merupakan tips sebelum membuka warung kopi pertama yang harus Anda perhatikan. Hal ini dikarenakan, hampir 70% kesuksesan sebuah usaha warung kopi atau bisnis yang lainnya ditentukan oleh lokasi. Sebagai contoh, apabila Anda membuka usaha ini di pinggiran kota yang jarang penduduk, maka besar kemungkinan pelanggan yang datang hanya sedikit. Bandingkan apabila Anda membuka warung kopi di tengah kota di dekat pusat perkantoran atau kampus, peluang mendapatkan pelanggan akan lebih besar. Jadi, sebaiknya cari lokasi yang ramai, terutama di pinggir jalan.

 

  1. Menentukan Menu yang Akan Dijual

Tips sebelum membuka warung kopi berikutnya adalah menentukan menu apa saja yang akan Anda jual. Karena usaha yang Anda buka adalah warung kopi, maka kopi akan menjadi menu andalan. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak akan menambahkan menu lain ke dalam daftar menu Anda bukan? Di sini, produk yang Anda jual harus mempunyai nilai jual yang sekiranya bisa menarik pelanggan sebanyak mungkin.

Baca Juga:

 

Selain kopi, Anda perlu menambahkan menu makanan ringan atau berat sebagai pendamping. Menu minuman lain juga perlu ditambahkan sebagai pelengkap apabila ada pelanggan yang sekiranya tidak bisa minum kopi. Sangat disarankan agar Anda juga bisa berkreasi dengan menciptakan menu yang unik dengan olahan kopi, sehingga memberikan nilai jual yang berbeda dengan warung kopi lain. Yang penting, perhatikan cita rasanya. Karena, walaupun Anda menjual makanan yang unik, namun tidak enak, sama saja bohong, bukan?

Anda bisa memilih untuk menggunakan bahan dari dalam negeri ataupun impor. Sebagai tahap awal, Anda sebaiknya menetapkan harga standar, jangan terlalu mahal, supaya pelanggan dari segala kalangan tidak segan untuk mampir ke warung kopi Anda.

 

  1. Mendesain Bangunan yang Kreatif dan Unik

Hal yang sering terjadi adalah banyak pelanggan di Indonesia enggan masuk ke dalam sebuah warung kopi atau café karena desainnya terlalu mewah. Mereka takut menu yang ditawarkan akan sangat mahal.

Nah, tips sebelum membuka warung kopi ini seharusnya jadi bahan pertimbangan Anda. Lebih baik mendesain bangunan warung kopi Anda dengan desain yang sederhana, namun tetap terlihat unik dan memperlihatkan kreatifitas Anda. Sebagai contoh, walaupun bangunan Anda hanya terbatas, tetapi jika Anda bisa mendekor ruangan dengan mural serta ditambah aksesoris di tiap mejanya, ini akan menarik pelanggan untuk datang. Kini, banyak orang yang suka nongkrong di warung kopi yang unik untuk bisa mengambil foto dan menguploadnya ke sosial media mereka. Jadi, selain menarik pelanggan, kesempatan ini bisa Anda manfaatkan untuk media promosi, bukan?

 

  1. Berikan Fasilitas Terbaik di Warung Kopi Anda

Menyediakan fasilitas lebih dapat membuat pelanggan lebih nyaman dan betah untuk berlama-lama di warung kopi Anda. Oleh karena itu, tips sebelum membuka warung kopi berikutnya adalah mempersiapkan fasilitas di dalam warung kopi Anda. Pertama, Anda bisa memutarkan lagu-lagu selama warung kopi Anda buka. Disarankan untuk memutar lagu yang netral seperti pop, jangan yang terlalu keras atau aneh karena dapat mengganggu waktu para pelanggan untuk mengobrol selama menikmati kopi. Pilihan lainnya adalah live music. Namun, Anda perlu mempersiapkan lebih banyak biaya untuk menyediakan alat musik, panggung, atau menyewa penampilnya.

Selain itu, fasilitas tambahan lainnya bisa dalam bentuk air conditioner (AC), televisi, tempat ibadah, kolam ikan, dan masih banyak pilihan lainnya.

 

  1. Jangan Lupa Tambahkan Layanan Pendukung

Jarang kini dijumpai warung kopi yang tidak memberikan layanan hotspot atau Wi-Fi gratis. Layanan pendukung ini sudah menjadi salah satu media promosi yang bisa menarik pelanggan. Biaya memasang jaringan internet pun terbilang tidak terlalu mahal, tergantung dengan pilihan jasa penyedia layanan internet dan paket data yang Anda gunakan. Jadi, Anda patut mencoba membuka konsep bisnis warung kopi free Wi-Fi.

Terakhir, pastikan tips sebelum membuka warung kopi di atas harus Anda cermati agar ketika warung kopi Anda dibuka, pelanggan akan tertarik untuk masuk dan kembali lagi di kemudian hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *