Tips Memulai Toko Sembako Modern di Desa

Posted on

Tips Memulai Toko Sembako Modern di Desa – Mendirikan usaha sendiri dapat menjadi salah satu cara dalam mendapat penghasilan, baik sebagai penghasilan utama maupun sampingan. Usaha bisa didirikan secara offline seperti toko maupun secara online melalui internet. Salah satu usaha offline yang berpotensi sukses ialah toko sembako modern. Sesuai namanya, toko ini menjual sembako alias sembilan bahan pokok. Warung sembako termasuk warung yang banyak ditemukan terutama di desa-desa. Warung menjual aneka sembako termasuk beras, minyak dan aneka kebutuhan sehari-hari lainnya. Seringkali warung sembako turut menjual aneka makanan ringan, aksesoris hingga pulsa elektrik dan kebutuhan sekunder lainnya. Warung sembako kini telah hadir dengan semakin modern bahkan di desa-desa dengan tampilan yang serupa minimarket.

Warung sembako tidak selamanya berupa warung tradisional yang identik dengan pencahayaan kurang serta barang-barangnya berantakan. Kini, toko sembako modern hadir dengan tampilan yang makin maju. Tidak hanya untuk mempercantik tampilan tapi juga untuk menarik lebih banyak konsumen. Toko yang bersih, pencahayaan cukup serta sejuk pastinya akan membuat pembeli merasa betah di dalamnya dan membeli lebih banyak barang. Inilah yang membuat toko modern sekarang ini semakin diminati pembeli. Apalagi toko modern yang ada di desa biasanya akan menjadi pilihan pertama tujuan belanja kebutuhan sehari-hari. Banyaknya jumlah pembeli potensial akan turut mendukung keberlangsungan usaha ini.

 

Tips Memulai Toko Sembako Modern di Desa

Tips Memulai Toko Sembako Modern di Desa
Tips Memulai Toko Sembako Modern di Desa

 

Toko sembako tidak selamanya membutuhkan ruang yang sangat luas. Asal cukup untuk menaruh semua barang dagangan, dan jumlah barang dagangan tidak terlalu berlebihan, maka garasi rumah atau teras rumah juga sudah cukup sebagai tempat berjualan. Usaha ini akan memiliki potensi keberhasilan tinggi apabila kita tinggal di kawasan padat penduduk. Sembako sebagai barang kebutuhan pokok sehari-hari tentu banyak dicari oleh ibu rumah tangga, sehingga mendirikan toko sembako di kawasan padat penduduk akan berpotensi sukses. Desain toko sembako sederhana dapat menggunakan rak-rak yang menempel dinding serta berada di tengah ruangan sebagai tempat meletakkan barang dagangan.

Contoh rak toko sembako ini ada yang terbuat dari kayu maupun besi. Kita bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan sehari-hari serta biayanya terjangkau. Untuk rak yang diletakkan di tengah ruangan, pastikan terdapat cukup ruang gerak agar pembeli leluasa berpindah dari satu lorong ke lorong lainnya guna mengambil barang kebutuhan yang diinginkan. Selain rak toko, pencahayaan dalam toko juga harus diperhatikan. Gunakan penerangan yang memadai terutama pada malam hari atau saat hari gelap. Kita juga bisa menambahkan pendingin udara agar suasananya tetap sejuk dan menyenangkan. Toko sembako yang modern ini akan menjadi pilihan tempat berbelanja yang menyenangkan baik orang dewasa maupun anak-anak.

Desain toko sembako sederhana juga harus turut mempertimbangkan penataan barang yang ada di dalamnya. Tempatkan barang yang berat di bagian bawah dan barang yang lebih ringan di atasnya. Selain itu, barang-barang yang mudah pecah juga sebaiknya berada di bawah. Sebagai contoh adalah karung beras yang berat serta telur yang mudah pecah ditempatkan di bawah. Sementara kopi, teh, aneka makanan ringan dan benda-benda lain yang lebih ringan ditempatkan di bagian atas. Penataan ini dimaksudkan untuk meminimalisir resiko cedera apabila barang yang bobotnya berat menjatuhi orang yang sedang melintas di bawahnya. Sementara barang yang mudah pecah juga dapat diminimalisir resiko kerusakannya.

Baca Juga:

 

Untuk meningkatkan penjualan, kita dapat menyediakan layanan tambahan di toko sembako modern. Di antaranya adalah layanan pesan antara atau delivery. Pembeli cukup menelepon kita dan memesan barang apa saja yang hendak dibeli, kemudian kita mengantarnya ke alamat pembeli. Pembayaran akan dilakukan di tempat. Cara ini akan berguna bagi pembeli yang tidak punya cukup waktu untuk keluar rumah guna berbelanja secara langsung di toko kita. Kita bisa menerapkan aturan minimal pembelanjaan untuk pesan antar serta biaya pesan antar. Atau, bisa juga diberlakukan aturan gratis pesan antar untuk semakin menarik minat pembeli. Layanan pesan antar ini akan menjadi layanan unggulan di toko kita.

Bisnis toko sembako modern ini bisa dijalankan dengan modal mulai dari Rp5.000.000 sehingga termasuk bisnis yang modalnya kecil. Jika dijalankan di rumah saja, maka itu artinya kita tidak membutuhkan sewa ruko atau kios sehingga akan semakin menekan modal yang dikeluarkan. Bisnis toko terutama dapat dijalani oleh ibu rumah tangga atau pensiunan yang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah saja. Keuntungan dari tiap penjualan barang terbilang minimal namun banyaknya pembeli potensial tentu akan sangat menguntungkan. Keberlangsungan bisnis ini terutama terletak pada keberagaman barang yang dijual, lokasi yang strategis hingga layanan yang memuaskan. Demikian adalah beberapa tips dalam memulai bisnis toko sembako. Semoga uraian di atas bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *