Souvenir Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Modal Kecil

Posted on

Souvenir Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Modal Kecil – Memulai usaha sendiri bisa menjadi salah satu alternatif pekerjaan, terutama apabila kita memang memiliki bakat menjadi wiraswasta. Banyak ide usaha kreatif yang bisa dijalankan sehari-hari. Mulai dari berdagang makanan, pakaian, menawarkan jasa cuci mobil, laundry, hingga bisnis internet. Salah satunya adalah berjualan souvenir usaha rumahan yang menjanjikan. Souvenir bisa dijadikan hiasan dalam rumah, dipesan dalam jumlah banyak untuk souvenir pernikahan hingga menjadi barang koleksi. Kreativitas tentu dibutuhkan dalam usaha ini agar souvenir yang dibuat dapat tampak unik serta memiliki nilai jual tinggi. Apa saja jenis souvenir yang bisa dibuat dan bahan apa saja yang dapat digunakan? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

 

Souvenir Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Modal Kecil

Souvenir Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Modal Kecil
Souvenir Usaha Rumahan yang Menjanjikan dan Modal Kecil

 

Bahan untuk membuat usaha kerajinan tangan rumahan sebenarnya bisa didapat dengan mudah di sekitar kita. Bahan utama ini akan tergantung dari produk apa yang hendak dihasilkan. Yang pertama, kita bisa menggunakan sedotan ukuran besar. Sedotan besar ini biasa digunakan untuk membuat hiasan bunga plastik. Membuat bunga plastik dari sedotan besar biasa dijadikan sebagai prakarya untuk anak-anak sekolah dasar. Bunga plastik bisa diletakkan sebagai hiasan di ruang tamu ataupun ruang keluarga. Kelebihannya tentu bunga tidak akan layu sehingga lebih tahan lama dibanding bunga asli. Kita bisa membuat bunga aneka warna dari sedotan besar agar menjadi satu buket bunga. Sementara untuk sedotan berwarna hijau bisa dijadikan daunnya.

Bahan lain yang biasa digunakan dalam membuat souvenir usaha rumahan yang menjanjikan adalah kain flanel. Bahkan, kita bisa dengan mudah menemukan aneka pembuat souvenir yang khusus menggunakan kain flanel sebagai material utamanya. Kain flanel adalah salah satu jenis kain yang tebal dan memiliki serat. Kain ini biasa dijadikan payet dalam pakaian maupun mukena anak-anak. Selain itu, kita juga bisa menyulapnya menjadi aneka kerajinan tangan serta souvenir. Barang kerajinan berbahan flanel yang umum ditemukan adalah bros, gantungan kunci serta boneka flanel. Barang-barang bernilai jual tinggi lainnya yang menggunakan bahan utama flanel ialah sarung HP dan tas selempang kecil.

Baca Juga:

 

Membuat kerajinan dari flanel terlebih dahulu harus menggunakan pola tertentu. Gunting kain flanel berdasarkan pola dan satukan dengan cara dijahit atau dilem. Kita bisa mendapatkan pola ini secara online melalui internet atau membuatnya sendiri. Bisnis aneka souvenir dari flanel sangat umum ditemukan di pasaran dan jenisnya kian hari kian beragam. Ini terutama karena kain flanel mudah didapat dan warnanya beraneka ragam. Kerajinan kain flanel juga bisa digunakan untuk souvenir pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya. Kita juga bisa berkreasi membuat kerajinan flanel yang sebelumnya tidak ada, seperti tempat tisu, hiasan pembungkus toples kue, celengan, dan lain sebagainya.

Souvenir usaha rumahan yang menjanjikan juga bisa berasal dari bahan daur ulang. Di antaranya adalah dari kertas bekas dan daun bekas. Berbekal pengetahuan dan juga kreativitas, kertas bekas bisa kita daur ulang untuk dijadikan aneka produk ramah lingkungan seperti buku daur ulang, wadah pensil di meja, dan aneka produk lainnya. Mendaur ulang kertas juga merupakan salah satu upaya dalam mengurangi sampah rumah tangga. Selain kertas bekas, daun yang berguguran dari pohon serta bekas kemasan plastik juga dapat didaur ulang. Beberapa jenis daun dapat dibentuk menjadi kap lampu setelah diproses terlebih dahulu. Sementara kemasan plastik bekas shampo dan deterjen sachet dapat dijadikan tas ramah lingkungan.

Mendaur ulang sampah dan dijadikan barang bernilai jual tinggi tentu akan menekan modal, karena kita tidak perlu membeli sampah-sampah tersebut. Usaha kerajinan tangan rumahan dengan bahan dasar sampah selanjutnya adalah botol plastik, gayung bekas, kardus bekas dan lain sebagainya. Hampir semua barang bekas di sekeliling kita bisa diubah menjadi barang yang bernilai jual tinggi. Tentu akan dibutuhkan kreativitas tinggi agar dapat menyulap barang-barang bekas tersebut. Menjual barang daur ulang akan memiliki nilai lebih dari brandingnya yaitu barang yang ramah lingkungan. Produk-produk daur ulang ini memiliki kelebihan dari segi keunikannya serta kreativitasnya.

Pemasaran souvenir dari usaha rumahan ini bisa secara online ataupun offline. Kita bisa menitipkannya di minimarket-minimarket ataupun menjualnya sendiri melalui website, marketplace atau media sosial. Jika memungkinkan, bisa juga kita menerima pesanan dalam jumlah besar, misalnya untuk kebutuhan souvenir pernikahan. Selalu update ilmu terkait souvenir rumahan dengan membaca buku atau artikel yang membahas terkait pembuatan souvenir dengan bahan ramah lingkungan. Demikian adalah ide usaha kerajinan tangan rumahan yang menjanjikan serta membutuhkan modal kecil. Kita bisa menjalankannya apabila memang memiliki kreativitas dalam membuat souvenir serta bahan-bahan dan peralatannya tersedia. Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi kita semua yang hendak memulai bisnis souvenir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *