Peluang Usaha Ternak Modal Kecil

Posted on

Beragam jenis usaha menjadi bukti betapa luasnya dunia bisnis. Banyak sekali dari kita yang ingin menjadi seorang usahawan atau pengusaha dan meraih kesuksesan dengan jalan yang dirancang sendiri. Hal tersebut juga menjadi kelebihan dari profesi pengusaha dibanding menjadi pekerja yang memiliki gaji tinggi, namun tetap berstatus sebagai pekerja. Satu bidang usaha yang banyak mencuri perhatian adalah peluang usaha ternak mengingat daya konsumtif penduduk Indonesia terhadap hewan ternak tinggi.

Tertarik terjun dala usaha peternakan? Ini dia macam pilihan jenis hewan pada usaha peternakan yang dari segi modal masih bisa disesuaikan. Selain itu, Anda sendiri bisa menimbang-nimbang mana jenis hewan yang rasanya paling cocok untuk Anda ternak.

 

6 Macam Peluang Usaha Ternak Dengan Modal Kecil

 

  1. Menjadi Peternak Kambing

 

Peluang Usaha TernakPeluang Usaha Ternak
Peluang Usaha Ternak

Kambing menjadi hewan pertama yang cocok dipilih. Walau kambing bukan menjadi hewan utama yang banyak dikonsumsi penduduk Indonesia, daya jualnya cukup tinggi apa lagi mendekati tanggal tertentu seperti Hari Raya Lebaran. Kambing juga menjadi hewan yang banyak dicari untuk acara akikah bayi baru lahir. Pada restoran tertentu, daging kambing juga menjadi bahan rutin yang diolah untuk dijual dalam bentuk masakan. Peluang usaha ternak ini membutuhkan modal yang cukup lumayan, tetapi masih bisa disesuaikan dengan jumlah yang dimiliki oleh Anda. Misalnya, Anda baru punya modal untuk membeli kambing 1 hingga 2 ekor dahulu, nah, usaha ternak sudah bisa dimulai.

 

  1. Menjadi Peternak Ayam

 

Menjadi Peternak Ayam
Menjadi Peternak Ayam

Daya konsumsi penduduk Indonesia terhadap hewan ayam sangat tinggi. Sampai pemerintah sendiri mengimpor daging ayam dari luar negeri setiap tahunnya. Padahal kualitas ayam di peternakan peternak Indonesia baik. Hanya jumlahnya tidak memenuhi permintaan yang kian hari kian tinggi. Ini bisa menjadi peluang yang sangat baik bagi ternak paling mudah dan menghasilkan karena dari segi modal tidak terlalu besar. Cara menjalankannya pun mudah. Tetapi tentu perlu ketelatenan dan strategi. Setidaknya Anda harus tahu langkah-langkah dalam menjalankan usaha beternak ayam. Baik dilakukan di rumah, atau di tempat khusus yang sengaja Anda sediakan seperti membuat kandang khusus.

 

Baca Juga Peluang Usaha Lainnya:

 

  1. Menjadi Peternak Bebek

 

Menjadi Peternak Bebek
Menjadi Peternak Bebek

Ada satu jenis hewan unggas yang permintaannya cukup tinggi walau tidak setinggi ayam yaitu bebek. Memang tidak sedikit yang tidak menyukai daging bebek, tetapi tidak sedikit pula yang menggemarinya sebagai menu istimewa. Harga bebek lebih mahal dari ayam karena jumlah peternakan bebek jauh lebih sedikit dibanding ayam. Dari segi konsumsinya pun, daging bebek tidak sebanyak daging ayam.

Ini menjadi peluang usaha ternak dengan keuntungan yang lumayan. Ditambah kalau memang Anda bisa membuat strategi pemasaran yang baik, juga dari segi kualitas, termasuk bebek berkualitas super. Bebek bisa menjadi pilihan yang ketiga untuk Anda.

 

  1. Menjadi Peternak Kelinci

 

Menjadi Peternak Kelinci
Menjadi Peternak Kelinci

Bukan hanya sebagai hewan peliharaan, kelinci juga menjadi satu hewan yang dikonsumsi sebagian orang di daerah-daerah tertentu. Sepintas memang rasanya ‘tidak tega’ bila membayangkan hewan lucu satu ini dijadikan bahan konsumsi. Tetapi faktanya daging kelinci banyak dibutuhkan oleh beberapa pihak untuk diolah menjadi menu masakan. Daging kelinci juga dipercaya memiliki khasiat-khasiat yang tidak dimiliki hewan konsumsi lainnya. Kelinci bisa menjadi pilihan berikutnya untuk menjalankan peluang usaha ternak sukses. Anda juga bisa menjualnyasebagai hewan peliharaan karena daya tariknya sebagai hewan peliharaan yang tinggi.

 

  1. Menjadi Peternak Sapi

 

Menjadi Peternak Sapi
Menjadi Peternak Sapi

Ini adalah hewan yang membutuhkan banyak modal untuk diternakan. Dari segi harga, hewan sapi cenderung sangat tinggi. Tetapi bila Anda sudah berhasil ternak sapi, keuntungannya cukup menjanjikan. Sapi adalah hewan yang selalu dibutuhkan. Sama seperti ayam, pemerintah bahkan mengimpor daging sapi dari luar untuk memenuhi permintaan. Sapi juga seperti kambing yang banyak diburu saat Hari Raya Idul Adha. Sapi merupakan usaha ternak yang menjanjikan di masa depan karena peluangnya yang besar.

 

  1. Menjadi Peternak Pangan Untuk Hewan

 

Menjadi Peternak Pangan Untuk Hewan
Menjadi Peternak Pangan Untuk Hewan

Bukan hanya peternak hewan-hewan utamanya, tetapi Anda juga bisa jadi peternak pangan untuk hewan. Seperti kroto misalnya. Hewan kecil ini menjadi makanan untuk burung yang semakin lama keberadaannya semakin sulit dicari. Mengapa? Karena kroto alami yang bisa ditangkap dari alam mulai mengalami penurunan jumlah. Maka menjadi peternak pangan burung kroto bisa dipilih sebagai usaha ternakdengan modal yang tidak begitu besar. Anda juga bisa menjadi peternak pangan untuk hewan lainnya seperti belalang, jangkrik, dan semacamnya.

Banyak sekali macam peluang usaha ternak yang bisa dipilih dan dijalani dengan modal terbatas. Lakukan banyak riset dan mendalami cara beternak yang tepat agar mengurangi resiko kegagalan. Peluang akan menjadi lebih besar saat Anda bisa lebih tanggap dengan peningkatan daya konsumsi masyarakat terhadap hewan ternak. Tidak hanya dari segi beternaknya, tetapi juga membuat strategi pemasaran usaha ternak tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *