Peluang Usaha Kuliner Bagi Pemula

Posted on

Bisnis adalah kegiatan yang sebagian besar dari kita lakukan dengan tujuan tertentu. Umumnya untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya dilengkapi dengan pengeluaran modal yang sekecil-kecilnya. Ada banyak bentuk dari kegiatan yang satu ini, serta ada banyak juga bidang atau objeknya. Bisa juga disebut dengan ‘bidang’. Salah satunya ialah bidang kuliner. Bisnis bidang kuliner di dalam negeri mau pun luar negeri mengalami peningkatan setiap waktu. Peluang usaha kuliner di Indonesia sendiri sangat besar.

Tentu saja karena masyarakat kita tergolong merupakan masyarakat yang konsumtif, yang terkenal juga dengan pesatnya kegiatan jual dan beli. Apa Anda salah satu yang ingin memanfaatkan peluang bisnis di bidang kuliner? Ini dia tips menjalani usaha kuliner bagi pemula.

 

Membuat Konsep Bisnis Kuliner yang Menarik

 

Peluang usaha kuliner
Peluang usaha kuliner

 

Tips pertama adalah dengan membuat konsep bisnis yang memiliki daya tarik. Bisnis bukan hanya persoalan kegiatan jual dan beli saja, tetapi juga mengenai strategi dan pemasaran. Khususnya dalam bidang kuliner, buatlah konsep yang menarik dari mulai menu yang akan dijual pada konsumen, bagaimana interior dan eksterior ruangan untuk menjual makanannya (kalau pakai), hingga apa saja yang kira-kira akan menjadi daya tarik dari bisnis tersebut.Peluang usaha kuliner yang besar juga memiliki sisi daya saing yang tinggi. Membuat konsep yang menarik untuk usaha kuliner Anda akan menjadi satu alasan mengapa usaha kuliner Anda layak bersaing, bahkan menjadi pemenang.

 

Baca Juga:

 

Tentukan Target Pasar Utama

 

Berikutnya adalah dengan menentukan target pasar utama sejak awal. Setiap bidang bisnis dengan beragam produk pasti memiliki target pasar. Target pasar di sini maksudnya adalah perkiraan pada usia berapa dan kalangan apa yang kira-kira lebih banyak menjadi konsumen dari produk kuliner milik Anda? Misalnya usaha kuliner unik milik Anda ditargetkan untuk usia remaja atau dewasa muda, untuk kalangan anak sekolah dan anak kuliah. Sajian menu kulinernya pun bisa disesuaikan. Seperti lebih terjangkau atau tergolong murah. Karena sebagian besar anak sekolah dan kuliah cenderung lebih suka dengan kuliner harga murah.

 

 Membuat Inovasi (Berinovasi)

 

Pada dasarnya, tidak ada hal yang original saat ini termasuk dalam bidang kuliner. Biasanya sajian kuliner yang ditawarkan berbagai tempat usaha kuliner adalah menu-menu yang sudah ada sejak dulu, namun dibuat dengan tampilan dan warna yang baru. Begitu juga dengan Anda. Bila Anda benar-benar tidak tahu harus memilih produk kuliner seperti apa, amati lah produk kuliner lain dan berinovasi dengan tampilan yang berbeda. Atau bisa disimpulkan, lakukan langkah amati, tiru, dan modifikasi (ATM) pada peluang usaha kuliner Anda. Ingat, hindari untuk benar-benar meniru karena nantinya malah akan meningkatkan daya saing dan akan ada perbandingan yang signifikan dibuat oleh para konsumen.

 

Pemilihan Lokasi Usaha Kuliner

 

Yang ketiga sebagai tips dari membuka usaha bidang kuliner sendiri ialah memperhatikan pemilihan lokasi usaha. Ini sangat penting. Mengapa? Karena lokasi sangat berpengaruh dengan berjalannya bisnis kuliner. Ambil contoh kasus, usaha kuliner milik Anda memiliki menu yang lezat dan cita rasa seperti masakan hole berbintang, dibarengi dengan harga yang terjangkau. Tetapi Anda membuka usaha seperti restoran atau cafe di lokasi yang jauh dari keramaian. Sama saja dengan ‘bunuh diri’ atau akan jauh dari bisnis kuliner yang menguntungkan dan balik modal. Kerugian jadi lebih dekat. Anda pasti tidak menginginkannya, bukan? Pilih lokasi yang dekat dengan keramaian atau setidaknya menjadi tempat yang banyak dilalui oleh orang-orang seperti dekat sekolahan, dekat kampus, dekat perkantoran, dan semacamnya.

 

Pastikan Kualitas Menu dan Harga Sebanding

 

Tips selanjutnya ialah untuk memastikan harga yang dibandrolpada produk kuliner Anda sebanding dengan kualitasnya. Meski mengenai rasa menu tergantung pada selera masing-masing, tetapi tentu saja kita semua tahu mana makanan atau minuman yang enak dan lezat. Usahakan untuk memberi harga yang sebanding dengan kualitas karena kalau tidak maka akan membuat konsumen kecewa atau menjatuhkan ekspetasi mereka. Jangan hanya karena ingin cepat balik modal dari peluang usaha kuliner yang Anda buat, Anda mematok harga terlalu tinggi, sementara sajian kulinernya biasa saja.

 

Menjaga Reputasi Usaha Anda

 

Terakhir adalah dengan selalu menjaga reputasi usaha yang Anda dirikan. Bisnis secara umum memang membutuhkan yang namanya ‘reputasi’, termasuk dalam bidang kuliner. Reputasi ini berguna untuk menjaga nama baik usaha kuliner di mata konsumen, serta di mata usaha kuliner lainnya. Reputasi yang buruk akan membuat bisnis usaha milik Anda gulung tikar dan tidak mendapat kepercayaan.

Baik dari pihak konsumen, atau pihak tempat usaha lainnya. Memang dalam bisnis kuliner selalu banyak issue yang mudah menghampiri. Berhati-hati lah dan selalu teliti. Semoga tips seputar membangun peluang usaha kuliner sendiri di atas bermanfaat……..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *