Peluang Usaha Franchise Makanan Terlaris di Indonesia

Posted on

Saat ini, wirausaha menjadi salah satu hal yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya usaha franchise yang mudah sekali terlihat di setiap sudut kota. Usaha franchise memang saat ini bisa dibilang cukup menjajikan khususnya francise makanan. Banyaknya masyarakat yang saat ini gemar mengkonsumsi makanan unik, membuat peluang usaha franchise makanan semakin berkembang. Bagi Anda yang belum mengerti apa itu franchise makanan, simak penjelasan berikut ini.

Usaha franchise biasanya lebih dikenal dengan usaha waralaba, yaitu suatu kerjasama bisnis antara investor/franchisee dengan si pemiliki usaha/franchisor. Jadi, usaha franchise makanan bisa dibilang merupakan sebuah kerjasama usaha yang bergerka di bidang kuliner. Dalam usaha franchise, franchisor akan meminjamkan merk dagang beserta sistemnya kepada franchisee untuk menjalani bisnis tersebut. Sedangkan, franchisee nantinya akan membayar untuk jasa tersebut sesuai dengan persyaratan yanga telah disepakati.

Peluang Usaha Franchise Makanan untuk Menambah Penghasilan

Peluang Usaha Franchise Makanan
Peluang Usaha Franchise Makanan

Baca Juga:

 

Membahas mengenai usaha franchise, sebenarnya banyak sekali macam-macam usaha franchise mulai dari minuman, makanan, apotik, toserba, dan lainnnya. Namun, dari semua jenis franchise tersebut, peluang usaha franchise makanan menjadi salah satu yang paling besar dan menjanjikan. Selain mendapatkan penghasilan yang cukup menjanjikan, banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dengan membuka usaha, sepert berikut ini:

  1. Tidak Ribet

Salah satu keuntungan yang di dapat dari usaha franchise makanan adalah mudah. Anda tidak perlu repot-repot lagi memikirkan dan menyiapkan jenis makanan apa yang akan Anda jual nantinya. Anda juga tidak akan terbebani untuk mempelajari konsep serta sistem pemasaran untuk membuat dagangan Anda laku atau berkembang. Saat ini, banyak sekali usaha franchise makanan yang namanya sudah terkenal luas di masyarakat, sehingga peluang usaha franchise makanan dari merek ini tentunya akan sangat besar. Jadi, Anda tidak perlu menyiapkan segalanya dari nol. Cukup jalankan bisnis dan Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan.

  1. Murah

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapat dari franchise makanan adalah tidak perlu modal yang banyak. Untuk menjalankan atau membuka sebuah bisnis baru, tentunya Anda akan membutuhkan modal yang cukup banyak, baik itu untuk sewa tempat, desain tempat berjualan, membeli peralatan, dan hal-hal lainnya. Melalui usaha franchise, Anda tidak perlu lagi kerepotan mengurus ini semua. Usaha franchise makanan bisa dilakukan siapapun dengan modal yang sesuai dengan budget Anda. Bisnis seperti ini merupakan bisnis yang cocok bagi Anda yang memiliki modal tak banyak dan masih khawatir mengambil risiko berbisnis.

  1. Mudah

Dari macam-macam usaha franchise, bisnis dalam bidang kuliner lah yang bisa dibilang cukup mudah untuk dijalankan. Untuk jenis makanan yang ringan-ringan, Anda bisa langsung turun tangan sendiri mengatur dan mengelola bisnis Anda. Bahkan, Anda bisa menjalaninya hanya dengan bersama keluarga. Bisnis makanan ringan bisa dengan mudah dipelajari dan dijalankan.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari usaha franchise makanan. Namun, yang perlu Anda ketahui, untuk mendapatkan peluang usaha franchise makanan tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Simak hal-hal berikut ini sebelum menjalani bisnis franchise makanan.

  1. Pikirkan Jenis Makanan

Sebelum memulai usaha franchise makanan, sebaiknya pikirkan dahulu jenis makanan apa yang ingin Anda lakukan. Apakah makanan yang berupa camilan atau makanan berat? Pikirkan juga mengenai tempat yang akan Anda gunakan untuk berjualan. Lihatlah situasi di sekitar Anda dan pikirkan makanan jenis apa yang cocok dan laris di lingkungan tersebut. Jika Anda hendak berjualan di sekitar sekolah, usaha franchise camilan bisa menjadi pilihan. Sedangkan, jika lingkungan terdapat banyak tempat makan, Anda bisa membuka usaha makanan berat seperti restaurant. Pastikan bahwa franchise yang Anda pilih unik dan digemari banyak orang.

  1. Tentukan Modal

Hal lainnya yang terpenting dalam membuak franchise adalah modal yang akan dikeluarkan. Untuk membuka suatu usaha franchise makanan, pastikan jenis usaha cocok dengan modal yang dimiliki. Jangan paksakan untuk membuka usaha franchise besar jika Anda tidak memiliki modal yang cukup. Saat ini, banyak sekali usaha Franchise makanan murah meriah yang bisa Anda lakukan, berikut daftarnya:

  • Martabak Mini Africa

Martabak menjadi salah satu makanan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Jika Anda ingin membuka usaha martabak, Anda bisa mencoba usaha franchise yang satu ini. Sejak 200, sudah ada lebih dari 600 mitra yang telah menjalani usaha ini. Modal yang diperlukan juga tidak cukup banyak yaitu sekitar Rp.7.000.000.

  • Donat Bakar

Donat baka atau yang dikenal juga dengan dokar telah berdiri sejak 2008. Donat ini tentunya berbeda karena dibuat dengan cara dibakar. Rasa yang disajikanpun juga bermacam-macam seperti keju, sosis, balado, durian, cokelat, dan lainnya. Anda bisa menjalani usaha ini hanya dengan modal sekitar Rp. 7.500.000.

  • Kentang Spiral

Saat ini, kentang spiral/ kentang twister menjadi makanan yang digemari para anak-anak atau remaja. Kentang unik ini memiliki bentuk spiral seperti tornado. Nantinya, kentang akan ditaburi berbagai rasa pilihan. Untuk membuka usaha ini cukup sediakan modal sekitar Rp.3.300.000 – Rp. 4.000.000 dan Anda sudah bisa mendapatkan paket lengkap.

Itulah beberapa peluang dari usaha franchise makanan dengan harga murah. Bagi Anda yang memiliki modal lebih dan ingin membuka franchise makanan yang telah terkenal, Anda bisa membuka usaha Kebab Baba Rafi, RotiBunz, Ok Bento, dan lain-lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *