5 Peluang Usaha Es yang Dijamin Laris Manis

Posted on

Ketika cuaca di siang hari sangat terik, apa yang biasanya terbayang di benak Anda? Ya, salah satu jawaban yang paling sering muncul adalah minuman dingin atau es. Terlebih lagi, cuaca di Indonesia yang cenderung lebih sering panas membuat permintaan terhadap es lebih tinggi. Faktor inilah yang menjadikan alasan mengapa usaha berjualan es memberikan peluang keuntungan yang menjanjikan.

Nah, kira-kira jualan es yang paling laris apa, ya? Di bawah ini adalah beberapa contoh resep es unik dan murah yang bisa jadi inspirasi ide berjualan Anda.

 

5 Peluang Usaha Es yang Dijamin Laris Manis

 

Peluang Usaha Es
Peluang Usaha Es

 

  1. Es Kelapa Muda

 

Geografis Indonesia yang memiliki banyak pantai menjadi lokasi paling strategis untuk berjualan es kelapa muda. Minuman ini memang paling tepat diminum setelah lelah bermain di tepi pantai yang panas. Namun saking larisnya, Anda bahkan bisa menemukan banyak orang berjualan es kelapa muda hampir di setiap jalan besar yang ramai penduduk.

Walaupun Anda akan sedikit membutuhkan usaha untuk mengelupas kulit kelapanya, namun proses pembuatannya terbilang cukup mudah. Anda cukup membuat lubang di bagian atasnya, memasukkan es batu, memberikan sedotan dan sendok, dan tinggal menyajikannya. Jika pelanggan ingin rasa yang lebih manis, Anda bisa menambahkan gula secukupnya.

Namun, jika Anda berjualan di tengah kota, Anda bisa menyajikannya di gelas. Cara ini dianggap lebih praktis. Satu gelas es kelapa muda pun cukup murah hanya seharga Rp 5,000 – 10,000 saja, tergantung cara penyajiannya. Harganya yang murah ini membuat jualan es kelapa muda merupakan pilihan jualan es yang paling laris dengan omset yang sangat menjanjikan.

 

  1. Es Pisang Ijo

 

Es pisang ijo merupakan minuman segar paling laris lainnya. Es yang berasal dari Makassar ini biasanya sangat mudah dijumpai di pasar kaget di bulan Ramadhan, tetapi di hari biasa pun banyak juga yang berjualan es pisang ijo.

Resep membuat es pisang ijo terbilang cukup rumit. Pertama, Anda perlu mempersiapkan bahan-bahan meliputi pisang raja yang sudah masak, tepung beras, tepung terigu, gula pasir, santan kental, pasta pandan daun pandan, sirup coco pandan, susu kental manis, dan es batu. Tahapan membuat es pisang ijo terbagi menjadi 3, yaitu membuat pisang hijau, membuat vla, dan hasil akhirnya yaitu es pisang ijo.

Walaupun terbilang rumit, namun ketika sudah jadi, tampilannya yang menarik sangat menggoda selera. Rasanya yang manis juga menjadi faktor mengapa es ini sangat disukai oleh  masyarakat.

 

  1. Es Campur Rumput Laut

 

Siapa yang tidak suka es campur? Nah, bagaimana jika es campur yang biasa kamu minum dicampur dengan rumput laut. Perpaduan inilah yang kini membuat es campur rumput laut menjadi pilihan jualan es yang paling laris.

Cara buatnya pun terbilang sangat mudah. Pertama, Anda cukup mempersiapkan bahan-bahannya, meliputi rumput laut, cincau hitam potong dadu, nata de coco, biji selasih, sirup coco pandan, susu kental manis, gula pasir, air dan es batu. Selain bahan tersebut, banyak penjual yang meramunya dengan tambahan potongan dadu buah-buahan seperti nanas, melon, dan pepaya. Yang perlu Anda lakukan hanya mencampur bahan-bahan tersebut menjadi satu. Paduan bahan ini membuat es campur rumput laut menjadi sangat segar diminum ketika cuaca terik.

Baca Juga:

 

  1. Milk Tea Bubble Aneka Rasa

 

Jualan es yang paling laris saat ini mungkin adalah es bubble aneka rasa. Sebenarnya, milk teaatau teh susu yang dicampur dengan bubble warna hitam ini sudah lama dijual di Indonesia. Namun, setelah dibukanya gerai minuman yang berasal dari Taiwan, es bubble kembali terkenal dan mulai banyak yang membuka usaha yang sama dengan berbagai skala, mulai dari kecil hingga besar.

Bubble hitam yang menjadi ciri khas minuman ini dibuat dari tepung tapioka dan sangat pas ketika dicampur ke dalam teh susu. Milk tea bubble biasanya tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari coklat, green tea, taro, dan masih banyak lainnya. Harga jualnya pun beragam mulai dari 7 ribu hingga 10 ribu rupiah, bahkan bisa dijual dengan harga lebih ketika dibuka di pusat perbelanjaan.

 

  1. Jus Buah Segar

 

Siapa yang tidak akan suka buah segar yang langsung diblender di tempat dan disajikan dengan es dingin? Dibandingkan jus buatan pabrik yang telah dicampur pemanis buatan. Tentu pilihan minuman segar ini lebih menarik, bukan? Inilah yang menjadikan alasan mengapa bisnis jus buah segar tetaplah menjadi pilihan yang banyak diminati masyarakat.

Cukup dengan membuka gerai kecil di pinggir jalan, Anda sudah bisa berjualan jus buah segar. Jika ingin lebih menarik banyak pelanggan, Anda mungkin bisa memilih untuk membuka kedai cukup seluas 3×3 meter saja. Anda bisa menjualnya dengan varian harga yang beragam, mulai dari 5 hingga 10 ribu, tergantung jenis buah yang digunakan sebagai bahan jus.

Nah, pilihan jualan es yang paling laris mana yang menurut Anda akan memberikan peluang usaha paling menguntungkan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *