Jualan Keliling yang Menguntungkan dan Cepat Laku

Posted on

Berwirausaha memang salah satu kegiatan yang menguntungkan. Menjadi seorang wirausaha sukses tidak hanya sekedar modal materi, karena tanpa mengandalkan modal materi pun Anda masih tetap bisa berwirausaha. Lebih dari itu, Anda harus memiliki jiwa kompetisi yang kuat, tahan banting, ulet, tidak mudah menyerah, tidak takut rugi, inovatif, mampu melihat peluang, tidak malu, dan mau memulai segalanya dari nol.

Anda boleh saja bermimpi memiliki usaha yang besar, namun Anda juga harus ingat bahwa sesuatu yang besar dimulai dari hal kecil terlebih dahulu, tak terkecuali berwirausaha. Untuk menjadikan usaha Anda berkembang, Anda tidak butuh banyak orang dan kuliah khusus jurusan komunikasi pemasaran. Anda hanya perlu mengandalkan dan memaksimalkan kemampuan berkomunikasi Anda yang tentunya dimiliki setiap orang. Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan kendaraan yang Anda miliki, yaitu dengan berjualan keliling. Cara ini paling praktis untuk dijalani, Anda hanya perlu meramu ilmu dagang keliling sendiri. Jika dilakukan dengan tekun jualan keliling akan sangat menguntungkan dan dapat membuat usaha Anda cepat berkembang. Penjual keliling berjualan dengan teori jemput bola. Dengan cara ini juga, dagangan Anda akan lebih mudah dan cepat dikenal masyarakat.

Ada banyak keuntungan berjualan keliling sebagai awal usaha Anda, seperti tidak membutuhkan modal yang besar sebab tidak perlu membayar sewa tempat dan membeli banyak peralatan, serta dapat menjangkau semua lapisan masyarakat. Sementara itu, terdapat beberapa kekurangan juga, seperti jika usaha menggunakan motor atau mobil Anda harus mengeluarkan sedikit biaya untuk ongkos bensin dan diperlukan tenaga ekstra untuk berkeliling. Belum lagi, banyaknya para pelaku wirausaha yang menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling juga, membuat Anda memiliki banyak pesaing. Namun sebaiknya, jangan jadikan kekurangan tersebut sebagai alasan Anda untuk tidak melakukan usaha. Anda harus sadar bahwa mengandalkan komunikasi saja juga tidak cukup, karenanya Anda harus sering melakukan inovasi. Hal ini dapat dimulai dengan mencari jenis produk jualan keliling yang menguntungkan. Berikut adalah beberapa jenis jualan keliling yang menguntungkan dan dapat Anda inovasikan:

 

Jualan Keliling yang Menguntungkan dan Cepat Laku

 

Jualan Keliling yang Menguntungkan dan Cepat Laku
Jualan Keliling yang Menguntungkan dan Cepat Laku

 

  1. Jual bakso keliling

Bakso adalah makanan yang paling diminati oleh berbagai kalangan. Melihat peluang usaha yang besar disini, banyak pelaku wirausaha yang memilih bakso sebagai produk jualan keliling yang menguntungkan. Karenanya, Anda harus selalu menjaga kualitas produk dan pintar-pintar melakukan inovasi. Misalnya, dengan menambahkan varian isian pada bakso. Jika kualitas baik, berapapun harga yang ditawarkan pasti disanggupi pembeli.

 

  1. Jual siomay keliling

Tidak jauh berbeda dengan bakso, siomay juga cukup banyak peminatnya. Anda dapat sesekali istirahat sekaligus mencari peruntungan dengan mangkal sejenak di tempat ramai, seperti pasar atau sekolah.

 

  1. Jual bakso cilok saus kacang keliling

Jika diperhatikan, setiap sekolah SD pasti menjual makanan ringan atau jajanan-jajanan unik yang memberikan ciri khas tersendiri. Bakso cilok saus kacang merupakan salah satu jajanan SD yang dapat dijadikan produk jualan keliling yang menuntungkan. Saat siang hari pada jam-jam pulang sekolah Anda sesekali bisa turut mangkal di luar sekolah.

 

  1. Jual sayuran keliling

Sayur merupakan kebutuhan pokok yang termasuk dalam Sembilan bahan pokok. Sudah dapat dipastikan jualan sayur keliling sangat menguntungkan. Apalagi, jika Anda ramah pada  pelanggan, Anda akan mendapatkan pelanggan setia yang tentunya merupakan nilai lebih untuk Anda.

 

  1. Jual jasa keliling

Jika Anda memiliki kemampuan atau kelebihan yang dapat diandalkan, Anda dapat menjadikannya sebagai peluang jualan keliling yang menguntungkan. Misal, jika Anda ahli dalam bisang kelistrikan, menjahit, atau sol sepatu, Anda dapat menawarkan jasa Anda dengan cara berkeliling….

 

Baca Juga:

 

Tips Jualan Keliling Agar Cepat Laku

 

Memperhatikan produk yang akan dijual dengan cara berkeliling memang penting, namun juga harus memperhatikan beberapa hal lain yang tidak kalah penting. Berikut ami berikan tips agar jualan keliling Anda cepat laku:

  1. Strategi promosi

Pewirausaha kecil juga harus menggunakan strategi agar usaha berkembang. Berbeda dengan pedagang tetap yang dapat mengandalkan media promosi spanduk, banner, dan sebagainya, pewirausaha keliling harus memiliki keunikan tersendiri, misalnya bunyi-bunyian atau suara yang unik untuk menarik perhatian public.

  1. Konsistensi jalur

Pembeli dapat berlangganan membeli karena penjual keliling lewat diwaktu yang sama. Berpindah-pindah jalur keliling malah akan menyulitkan Anda dalam mencari pelanggan. Maka dari itu, tentukanlah sedari awal jalur yang akan Anda lalui.

  1. Ramah terhadap pembeli

Nah, inilah faktor terpenting yang wajib dimiliki para pelaku usaha. Orang akan membeli ditempat yang sama karena dua hal, yaitu barang yang dijual memiliki kualitas yang baik dan penjual baik dengan pembeli. Poin lebih dari ini adalah jika Anda sudah akrab dengan pembeli langganan, tentunya pelanggan tidak akan ragu untuk selalu setia membeli barang dagangan Anda…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *