Jualan Keliling Pakai Motor yang Bagus dan Menguntungkan

Posted on

Persoalan ekonomi di Indonesia saat ini tidak bisa dibilang stabil. Banyaknya penduduk di Indonesia dengan usia produktif tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan pekerjaan yang dapat menampung seluruh penduduk Indonesia. Alhasil banyak orang yang kemudian menganggur karena tidak memperoleh pekerjaan. Namun, keuntungan tinggal di Indonesia adalah walaupun tidak bisa bekerja di sektor formal, masyarakat Indonesia yang harus mencari uang bisa mendalami usaha di sektor informal. Sektor informal ini salah satunya adalah dengan berdagang atau berjualan. Berjualan saat ini dapat mengandalkan alat transportasi untuk memudahkan mobilisasi dalam berjualan, salah satunya adalah dengan jualan keliling pakai motor yang bagus.

Bagi beberapa orang, menekuni usaha informal yaitu dengan berdagang adalah salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan ekonomi. Usaha informal sudah terbukti sebagai salah satu usaha yang tahan banting karena tidak terikat dengan naik turunnya bursa saham dunia. hal ini bisa dilihat dari peristiwa krisis moneter yang dialami Indonesia di tahun 1998. Saat itu, posisi rupiah di bursa efek dunia sangat rendah sehingga mengakibatkan banyak perusahaan yang bangkrut dan jalan satu-satunya adalah melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) dengan para karyawan.

 

Jualan Keliling Pakai Motor yang Bagus dan Menguntungkan

 

Jualan Keliling Pakai Motor
Jualan Keliling Pakai Motor

 

Efeknya, jutaan orang Indonesia saat itu kehilangan pekerjaan. Namun, para pelaku usaha informal dapat bertahan dan tidak terlalu terpengaruh dengan jatuhnya rupiah di bursa efek dunia saat itu. Banyak orang yang mengalami PHK dari perusahaan akhirnya bantig stir untuk menekuni usaha informal, salah satunya dengan berjualan makanan. Berjualan makanan saat ini dapat dikombinasikan dengan semakin berkembangnya moda transportasi salah satunya adalah dengan jualan makanan keliling pakai motor yang bagus.

Berjualan dengan menggunakan motor sebenarnya dapat digunakan untuk menjual apa saja. Namun di Indonesia, salah satu barang yang paling laku dijual pada usaha informal adalah berjualan makanan. jualan makanan keliling pakai motor memiliki beberpa keuntungan yang dapat diperoleh oleh para penjual.

Baca Juga:

 

 

Lebih Efektif

 

Motor adalah salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Belum bagusnya transportasi publik dan tingginya mobilitas, membuat masyarakat Indonesia banyak menggunakan motor untuk melakukan mobilisasi, salah satunya adalah untuk bekerja. Bentuk motor yang kecil lebih efektif digunakan untuk bepergian, terlebih di kota-kota besar seperti Jakarta. Jalanan yang macet dan tuntutan untuk segera sampai tujuan membuat orang banyak menggunakan sepeda motor.

Dalam hal berjualan, sepeda motor lebih efektif digunakan dari pada sepeda, gerobak atau kios. Sepeda motor memungkinkan penjual untuk berpindah dengan cepat dari satu tempat ke tempat lainnya dari pada sepeda dan gerobak. Saat ini motor juga bisa diperoleh dengan cara mencicil dan jauh lebih murah ketimbang menyewa kios. Terlebih untuk berjualan makanan yang harus cepat habis, jualan makanan keliling pakai motor yang bagus lebih efektif untuk berjualan.

 

Praktis

 

Jualan keliling pakai motor yang bagus juga lebih praktis. Penjual dapat menaruh segala kebutuhan jualannya di atas motor dengan settingan sedemikian rupa, sehingga penjual tidak harus menenteng barang apapun, karena barang sudah dapat diangkut dengan menggunakan motor. Dari pada berjualan dengan gerobak atau sepeda, lebih praktis jualan keliling pakai motor yang bagus.

 

Tidak Berat

 

Kelebihan lain yang bisa diperoleh dengan jualan keliling pakai motor yang bagus adalah penjual tidak berat membawa, memanggul, mendorong, atau menggendong barang dagangan. Berbeda dengan berjualan menggunakan gerobak, gerobak mengharuskan penjual untuk mengeluarkan tenaga lebih untuk mendorong gerobak. Begitu juga dengan berjualan menggunakan sepeda, penjual harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mengayuh sepeda. Berjualan dengan motor dapat membantu penjual menghemat tenaganya dan dapat berpindah dengan lebih cepat.

 

Mobilitas Tinggi

 

Jualan keliling pakai motor yang bagus memungkinkan penjual melakukan mobilitas yang lebih tinggi. Penjual dapat segera berpindah ke tempat-tempat lain untuk mengejar konsumen. Contohnya, bila penjual menjual makanan, penjual dapat berpindah ke pusat-pusat keramaian dimana orang banyak mencari cemilan atau jajanan. pusat keramaian di kota tidak hanya satu, dan penjual dapat berpindah ke pusat keramaian lainnya dengan lebih cepat menggunakan motor.

Namun, yang perlu diingat oleh para penjual yang jualan keliling pakai motor yang bagus harus dapat memelihara motornya dengan lebih baik dari pada pengguna motor lain. hal ini karena motor yang digunakan untuk berjualan melakukan mobilisasi lebih tinggi dan lebih sering dari pada motor yang digunakan pengguna lain. berikut adalah tips yang bisa dicoba oleh para penjual yang jualan keliling pakai motor yang bagus.

  1. Rutinlah untuk memeriksa kendaraan Anda setiap sebelum berangkat bekerja agar tidak terhambat bila motor mengalami masalah.
  2. Sebainya rutin melakukan service di bengkel untuk mencegah motor mogok di jalan karena bisa mengganggu usaha berjualan Anda.
  3. Gunakan sparepart yang bagus agar motor enak dipakai.

Jangan lupa selalu bersihakn moto Anda sebelum berangkat bekerja agar pembeli tidak enggan membeli dagangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *