Desain Toko Sembako Modern

Posted on

Anda akan membuka toko sembako? Memulai usaha sembako memang sangat menguntungkan apa lagi sekarang ini kebutuhan masyarakat akan sandang pangan begitu amat penting. Setiap hari masyarakat pasti membutuhkan perlengkapan rumah dan salah satu tempat yang paling sering mereka kunjungi adalah toko sembako. Desain yang elegan dan sembako yang ditata dengan rapi tentu saja akan membuat mereka tertarik.

Desain Toko Sembako Modern saat ini memang sangat penting untuk diterapkan karena saat ini konsep minimalis dan bergaya elegan membuat orang lebih tertarik. Masyarakat modern seperti saat ini lebih suka dengan toko sembako yang bersih, elegan dan mudah menemukan apa yang mereka inginkan. Pada artikel kali ini saya akan berbagai beberapa contoh Desain Toko Sembako Modern yang mungkin dapat memberikan Anda inspirasi…

 

Desain Toko Sembako Modern Elegan Dan Bersih

 

  1. Tentukan brand dari toko sembako modern Anda

 

Desain Toko Sembako Modern
Desain Toko Sembako Modern

 

Karena Anda akan membuka toko sembako modern, maka Anda perlu brand untuk membedakan toko Anda dari toko sembako lainya. Brand adalah sebuah identitas yang berupa simbol, desain, warna, dan nama yang akan membuat toko sembako Anda akan diingat dengan mudah. Para pembeli pun dapat membedakan toko sembako Anda dengan kompetitor. Brand toko sembako modern Anda dapat dibentuk dengan menggunakan nama toko, simbol, ataupun warna secara konsisten pada toko sembako Anda. Sebagai contohnya minimarket Indoaret mempunyai nama, logo, dan warna yang khas sehingga tanpa membacanya pun Anda tahu bahwa itu adalah minimarket.

Brand termasuk pentinguntuk toko sembako Anda. Karena brand akan menunjukkan pada pembeli bahwa Anda memang “niat” dan bersungguh-sungguh dalam menjual barang sembako. Brand untuk desain toko sembako modern Anda juga akan membantu orang-orang lebih percaya untuk membeli sembako ke toko Anda. Salah satu hal utama untuk menarik pembeli adalah keeprcayaan.

 

  1. Memilih desain dan warna cat yang tepat

 

 desain dan warna cat
desain dan warna cat

 

Cara menata toko sembako modern selanjutnya adalah dengan memilih warna dan desain dinding yang tepat. Ruang yang cerah dan bersih dapat membantu pengunjung merasa lebih nyaman. Dalam memilih warna cat tentu saja menyesuaikan dengan brand toko sembako yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Gunakan warna-warna tersebut untuk dijadikan aksen dalam dinding toko sembako Anda. Jangan lupa gunakan warna-warna netral seperti putih, krem, dan warna terang pula agar membuat toko Anda yang sempit menjadi terlihat luas.

Biasanya di minimarket akan diletakkan cermin yang berfungsi untuk mengawasi pembeli, Anda pun juga bisa meletakkan kaca di toko sembako Anda. Trik lain agar ruangan yang sempit menjadi terlihat luas adalah dengan menghindari garis horizontal. Gunakan garis diagonal atau garis vertikal saja. Selain desain dan warna pada dinidng. Memilih desain dan warna pad arak toko sembako juga perlu disesuaikan dengan brand toko sembako Anda sehingga toko sembako Anda yang kecil akan menjadi lebih indah dan serasi.

 

  1. Penerangan yang cukup

 

Penerangan yang cukup
Penerangan yang cukup

Boleh saja Anda memasang lampu tambahan agar suasana toko sembako Anda lebih terang dari tempat di sekita Anda. Dengan penerangan yang cukup akan membuat toko sembako Anda  lebih “terlihat” dan menarik perhatian orang untuk datang.

 

  1. Ada sekat-sekat ruang

 

Ada sekat-sekat ruang
Ada sekat-sekat ruang

Sebaiknya jangan gunakan penyekat ruangan untuk membatasi anatara penjual dan pembeli. Lebih baik Anda membuat ruangan seperti studio sehingga akan terlihat lebih luas dan akan lebih mudah untuk menempatkan rak gondola.

 

Baca Juga:

 

  1. Desain rak minimarket

 

Desain rak minimarket
Desain rak minimarket

 

Desain toko sembako modern juga akan terpengaruh dari rak minimarket. Biasanya rak minimarket adalah rak gondola yang tersusun dari rak starting serta rak adjointing. Rak gondola ini berfungsi untuk menempatkan barang dagangan dengan mudah sesuai dengan kategorinya. Jenis rak yang Anda pilih harus disesuaikan dengan jenis barang yang akan ditempatkan. Rak gondola double starting-adjointing yang berukuran 120cm x 90cm x 35 cm dapat menjadi pilihan yang tepat untuk ruangan toko sembako yang kecil. Anda juga dapat menggunakan rak snack dan rak roti sebagai rak tambahan. Wooden statwall adalah jenis rak yang bisa Anda pilh untuk barang yang dapat digantung.

 

  1. Penempatan rak gondola

 

Penempatan rak gondola
Penempatan rak gondola

 

Menggunakan rak gondola dapat membuat toko sembako modern Anda menjadi lebih rapi dan teratur. Selain itu rak gondola sebagai desain toko sembako modern juga dapat memaksimal fungsi ruang. Jika ruang toko sembako Anda kecil, maka dapat disiasati dengan menggunakan rak gondola single wall yang mempunyai tinggi sekitar 120 cm hingga 200 cm. Gunakan rak shelving paling atas untuk menyimpan barang yang paling jarang dibeli atau dicari. Sedangkan rak gondola double starting-adjointing dapat Anda letakkan di tengah ruangan.

  1. Jangan susun semua stok barnag di rak shelving

Salah satu desain yang buruk dari toko sembako modern adalah menumpuk barang di rak. Hal ini selain tidak enak dilihat, namun juga sulit bagi pembeli untuk mengambil barang. Karena itulah hindari hal tersebut jika ingin memberi kenyamanan pada pembeli. Susunlah barang dengan rapis sesuai dengan ukuran rak shelving. Untuk menyimpan stok barang sebaiknya taruh di gudan dan sediakan pula rak disana. Dengan mendisplay barang dengan rapi, maka Anda akan mudah untuk menghitung dan mengetahui jumlah stok produk.

 

  1. Berikan promo menarik

 

Berikan promo menarik
Berikan promo menarik

Toko sembako Anda akan lebih menarik dengan memberikan promo yang meanrik. Anda bisa menggunkan rak khusus untuk meletakkan barang-barang yang sedang promo.

Dengan membuat desain toko sembako modern yang nyaman, toko Anda akan dibanjiri oleh banyak pembeli. Selain itu tehnik marketing juga berperan penting agar usaha Anda lebih maju dan disukai oleh para konsumen. Desain yang banyak orang terapkan sekarang ini adalah bergaya minimalis, simple dan tidak riebt ketika orang ingin membeli barang. Selain itu penempatan barang sesuai dengan kategori juga menjadi acuan penting dalam konsep desain sembako atau mini market ini.

Tidak banyak yang bisa kami sampaikan harapan kami adalah semoga setelah membaca artikel kali ini dapat memberikan Anda inspirasi dan informasi berguna, khususnya bagi Anda yang sedang berencana memulai usaha mini market atau sembako ini…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *