Contoh Usaha Kerajinan Tangan yang Sukses

Posted on

Bagi sebagian orang, berbisnis merupakan suatu usaha yang cukup merepotkan. Apalagi jika tidak memiliki keterampilan berbisnis yang mumpuni, resiko kegagalan dalam berbisnis terkadang menjadi ketakutan tersendiri. Namun, bagi Anda yang memiliki keterampilan dan keahlian dalam membuat kerajinan tangan, maka bisnis barang-barang kerajinan tangan pun menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan. Apalagi kebanyakan bisnis kerajinan tangan merupakan bisnis bermodal cukup terjangkau, namun keuntungan yang ditawarkan cukup menjanjikan. Contoh usaha kerajinan tangan yang sukses yaitu kerajinan tangan anyaman perabot rumah tangga, hingga aksesoris dekorasi rumah dari barang bekas.

Selain menjadi usaha yang cukup menjanjikan karena modal yang diperlukan cukup terjangkau, usaha kerajinan tangan juga menjadi usaha yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Apalagi benda-benda kerajinan tangan sekarang ini sangat banyak peminatnya, baik untuk dekorasi rumah, maupun untuk aksesoris kecantikan. Oleh sebab itu, sudah banyak contoh usaha kerajinan tangan yang sukses dan bahkan produk-produk kerajinan tangan tersebut banyak disukai orang-orang dari luar negeri hingga mencapai pasar internasional. Setelah mengetahui peluang bisnis kerajinan tangan yang menjanjikan, pastinya Anda yang memiliki keterampilan dan kreatifvitas yang tinggi akan semakin tertarik untuk memulai bisnis kerajinan tangan. Untuk itu, beberapa contoh peluang usaha kerajinan tangan berikut ini bisa menjadi referensi.

 

5 Contoh Usaha Kerajinan Tangan yang Sukses

Usaha Kerajinan Tangan yang Sukses
Usaha Kerajinan Tangan yang Sukses

 

Baca Juga:

 

  • Kerajinan tangan dari anyaman. Ada banyak jenis kerajinan tangan dari anyaman yang sangat terkenal, misalnya tudung saji, vas bunga, kursi, meja, sekat ruangan, keranjang serbaguna, dan masih banyak lagi. Bahan dasar yang digunakan untuk barang-barang anyaman tersebut yaitu rotan, rotan sintetis, bambu, lidi, dan bahkan kertas koran. Namun biasanya anyaman dari rotan menjadi produk kerajinan tangan favorit masyarakat dan banyak dicari, karena lebih awet dan bentuknya sangat sederhana, sehingga sangat cocok untuk rumah berdesain minimalis atau klasik. Namun jika Anda ingin berbisnis kerajinan tangan dari rotan, kendala ketersediaan rotan harus Anda pertimbangkan. Oleh sebab itu banyak pengrajin atau pengusaha kerajinan tangan yang lebih memilih rotan sintetis sebagai bahan utama. Meskipun demikian kualitas kerajinan tangan dari rotan sintetis nyatanya lebih bagus dan warnanya lebih menarik.

 

  • Kerajinan tangan dari stoples. Kerajinan tangan dari stoples menjadi kerajinan tangan yang sedang tren saat ini. Stoples yang digunakan untuk membuat kerajinan tangan ini biasanya stoples yang tidak terlalu besar. Barang-barang yang dihasilkan dari stoples tersebut misalnya lampu gantung hias, pajangan dekorasi rumah, vas bunga dan masih banyak lagi. Stoples tersebut dikreasikan dengan berbagai bahan hingga menjadi benda yang lebih menarik.

 

  • Kerajinan tangan dari kain perca. Ada banyak kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kain perca, misalnya seprei, sarung bantal, taplak meja, keset, celemek, hingga pakaian. Kain perca yang disusun dan kemudian dijahit memiliki perpaduan motif dan corak yang sangat menarik dan unik, sehingga bisa memiliki nilai jual yang cukup menguntungkan. Oleh sebab itu, usaha kerajinan tangan dari kain perca ini merupakan contoh usaha kerajinan tangan yang sukses dan sangat menjanjikan, apalagi modal yang diperlukan hanya kain perca dan keterampilan menjahit.

 

  • Kerajinan tangan dari ban mobil bekas. Kerajinan tangan dari ban bekas cukup populer di kalangan masyarakat, misalnya kursi, meja dan pot bunga. Meskipun bentuk ban hanya bulat dan berwarna hitam polos, namun dengan inovasi dan kreatifitas yang tinggi, ban bekas tersebut bisa disulap menjadi benda-benda bernilai ekonomis tinggi. Kerajinan tangan dari ban bekas ini merupakan contoh usaha kerajinan tangan yang sukses dan cukup banyak diminati masyarakat karena sangat awet, fleksibel, unik, dan tentunya memiliki harga yang cukup terjangkau.

 

  • Kerajinan tangan dari kayu bekas. Kerajinan tangan dari barang bekas saat ini cukup banyak berkembang, salah satunya yaitu kerajinan tangan dari kayu bekas. Kayu bekas yang digunakan untuk menghasilkan kerajinan tangan misalnya potongan kayu dari pabrik kayu, dan box kayu bekas sayur atau buah. Berbagai macam jenis barang yang bisa dihasilkan dari kayu bekas tersebut, misalnya meja kerja, kursi, rak serbaguna hingga aksesoris dekorasi ruangan. Nilai jual barang-barang tersebut cukup tinggi, sehingga menjadi contoh usaha kerajinan tangan yang sukses dan menguntungkan.

Itulah beberapa contoh usaha kerajinan tangan yang sukses dan sangat menguntungkan yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk memulai usaha kerajinan tangan. Jika Anda merupakan pemula bisnis, Anda tidak perlu ragu untuk memulai usaha ini, asalkan selalu berkomitmen menghasilkan kerajinan tangan berkualitas dan selalu tekun menjalankan usaha, maka kesuksesan pun akan menghampiri Anda. Yang terpenting dalam bisnis kerajinan tangan adalah inovasi dan kreasi yang kreatif, sehingga apapun barang yang dihasilkan bisa memiliki nilai jual…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *