Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM)

Posted on

Bisnis sudah tentu menjadi hal yang sangat digemari oleh masyarakat luas. Akhir-akhir ini ide bisnis sudah tentu menjadi hal yang sering Anda pkirkan, apalagi Anda adalah salah satu calon pembisnis usaha kecil menengah yang sukses. Sebuah bisnis yang menguntungkan seringkali diasumsikan dengan persiapan dana modal yang besar, padahal asumsi-asumsi seperti itu sudah tentu salah besar. Bagi Anda yang ingin memiliki usaha yang sukses, Anda tidak boleh putus asa hanya karena tidak memiliki modal yang cukup karena hal seperti itu sudah tentu memiliki sebuah solusi, salah satunya adalah Usaha Kecil Menengah (UKM). Pada kesempatan kali ini, kami secara khusus akan membahas mengenai beberapa contoh Usaha Kecil Menengah yang menjanjikan yang bisa Anda pilih sebagai salah satu ide usaha yang akan menjadi jalan Anda meraih keuntungan yang berlipat.

 

Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia

 

Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM)
Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM)

 

  1. UKM di bidang fashion

 

Apakah Anda seseorang yang memiliki minat fashion yang berbeda dari teman-teman Anda? bahkan teman-teman Anda sering mengatakan bahwa Anda memiliki minat fashion yang aneh. Anda tidak perlu khawatir karena sebenarnya Andalah yang akan memberikan pergerakan pada perubahan fashion. Fashion memiliki peluang yang sangat besar karena fashion yang meliputi pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok (sandang).  Pada zaman sekarang, zaman sudah berubah dengan begitu cepat sehingga membuat perkembangan mode pun berubah dengan sangat cepat. Jenis-jenis fashion yang bisa Anda tekuni juga berbeda-beda, jika Anda adalah seseorang dengan jenis kesukaan pakaian bernuansa islami maka Anda akan dengan mudah memproduksi fashion pakaian muslimah.

 

Selain itu, ada juga model pakaian korea, model pakaian vintage dan lain sebagainya. Sebelum memulai usaha sebaiknya Anda memastikan terlebih dahulu pangsa pasar yang akan Anda tuju. Apabila pangsa pasar yang akan Anda tuju adalah wanita muslimah, maka Anda bisa mendesain dan memproduksi fashion yang syar’I tetapi tidak ketinggalan zaman. Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan metode pemasaran yang akan Anda gunakan. Jika Anda ingin mendapatkan banyak untung dalam waktu yang singkat, Anda bisa membuka sistem reseller sehingga Anda tidak perlu capek-capek bertemu dengan konsumen.

 

  1. UKM di bidang kuliner

 

Contoh Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menguntungkan selain dunia fashion salah satunya adalah dunia kuliner.   Usaha kuliner sudah tentu menjadi peluang usaha nomor satu yang sudah tentu memiliki peluang yang paling besar daripada peluang udaha yang lain. mengapa demikian? Karena semua orang sudah tentu membutuhkan makanan untuk bertahan hidup.

Apalagi jika Anda memiliki tempat usaha yang menjanjikan dan dekat dengan kawasan wisata. Sudah tentu, Anda akan meraup keuntungan berlipat-lipat dari bisnis kuliner tersebut. Bisnis kuliner yang bisa Anda pilih meliputi bisnis makanan ringan (makaroni, pisang cokelat, kerupuk pedas, kentang goreng, keripik pisang, keripik ketela dan lain-lain), makanan berat (pecel lele, nasi goreng, makanan instan, ayam goreng, bakso, soto, mi ayam, dan lain-lain, minuman (kopi susu, jus, sup buah, es cokelat, dan lain-lain). Sudah tentu Anda akan mendapatkan untung yang berlipat-lipat apalagi jika Anda memiliki jiwa telaten dan tidak putus asa.

 

 

  1. UKM di bidang Pendidikan

 

Usaha Menengah Kecil (UKM) di bidang pendidikan juga bisa Anda jalankan dengan mudah dan sudah tentu memberikan banyak sekali keuntungan. Selain itu, Anda juga dapat membantu orang-orang yang ada di sekeliling Anda untuk ikut serta berperan aktif dalam usaha tersebut. Lalu apa saja UKM yang bergerak di bidang pendidikan? UKM di bisang pendidikan sebenarnya juga memiliki peluang yang besar karena tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakn orang juga membutuhkan keahlian untuk bisa masuk ke dunia kerja. Ketrampilan dan kemampuan yang Anda miliki sekarang bisa Anda jadikan bisnis sebagai sarana belajar masyarakat seperti pelatihan, sekolah nonformal, kursus dan lain-lain.

Baca Juga:

 

  1. UKM di Bidang Teknologi

 

Di era digital seperti sekarang ini sudah tentu semua hal berkaitan dengan teknologi. Semua hal bisa dilakukan dengan mudah, singkat dan efesien melalui teknologi. Lalu teknologi seperti apa yang mendatangkan keuntungan bagi Anda? jika Anda mengenal internet, Anda berarti adalah salah satu calon pembisnis yang sebenarnya sudah menyelesaikan satu tahap. Internet memberikan banyak sekali peluang bisnis yang bisa Anda gunakan.

Peluang tersebut meliputi pembuatan web, pembuatan domain, pembuatan desain komik, desain grafis, desain arsitektur dan lain sebagainya. Bahkan bagi Anda yang memiliki hobi menulis atau hobi akting Anda memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan banyak uang hanya dengan upload tulisan atau video. Nah, bagi Anda yang ingin berjualan dengan sistem online, Anda bisa menjual barang produksi Anda bahkan ke seluruh masyarakat di dunia yang sering melakukan transaksi secara online.

Sekarang, Anda sudah paham contoh usaha kecil menengah (UKM) dan sudah bisa mencoba memulainya sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *