Contoh Desain Tempat Cuci Motor Sederhana

Posted on

Salah satu ide usaha yang bisa dijalankan sehari-hari adalah membuka tempat cucian motor. Di tempat ini, pelanggan bisa mencuci motor mereka secara cepat dan tentunya bersih. Usaha cucian motor termasuk usaha yang bisa dengan mudah ditemukan di mana saja, baik di kota besar maupun di desa-desa. Hal ini terutama karena sudah semakin banyak pengguna sepeda motor dewasa ini. Banyak pula dari para pengguna motor tersebut yang tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci kendaraan mereka sendiri. Atau, kotoran yang menempel di sepeda motor terlalu banyak dan tebal, misalnya motor untuk balapan off road yang berselimut lumpur. Pilihan yang sering diambil adalah membawa motor ke desain tempat cuci motor sederhana.

Usaha cucian motor ini idealnya berlokasi di pinggir jalan raya. Tujuannya adalah agar mudah terlihat terutama oleh para pengendara motor yang melintas dan menjadi pelanggan utama. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai usaha cucian motor. Tidak hanya dari segi kelengkapan peralatan, namun juga sumber daya manusia serta perlengkapan pendukung seperti sarana hiburan untuk para pelanggan yang menunggu giliran motornya dicuci. Desain tempat cuci motor sederhana bisa kita tiru dalam membangun tempat cucian motor sendiri. Desain tempat ini tidak selalu harus menggunakan ruang yang luas karena bisa disesuaikan dengan tempat  yang tersedia.

Contoh Desain Tempat Cuci Motor Sederhana

 

Desain Tempat Cuci Motor
Desain Tempat Cuci Motor

 

Contoh Desain Tempat Cuci Motor Sederhana
Contoh Desain Tempat Cuci Motor Sederhana

 

 Desain Tempat Cuci Motor Sederhana
Desain Tempat Cuci Motor Sederhana

 

 Desain Tempat Cuci Motor Sederhana bagus
Desain Tempat Cuci Motor Sederhana bagus

Usaha cucian motor tidak selamanya membutuhkan area yang luas. Kita bisa memanfaatkan lahan yang tersedia walaupun minimalis. Yang penting, tempat cucian motor dilengkapi peralatan yang memadai. Desain tempat cuci motor sederhana ini juga dilengkapi tempat duduk untuk para pelanggan yang datang mencucikan motornya. Kita bisa turut menambahkan aneka hiburan seperti televisi, majalah hingga  makanan ringan. Jika memungkinkan, tambahkan lemari es khusus minuman ringan agar pelanggan bisa turut membeli dan menikmatinya. Adanya tempat minum seperti ini juga akan menambah penghasilan kita sehingga patut untuk dicoba.

Tempat cucian motor biasanya memiliki nama sendiri, sama halnya seperti nama toko. Kita bisa memilih nama cuci motor unik agar mudah diingat dan menarik perhatian orang. Nama tempat usaha sebaiknya tidak terlalu panjang. Tujuannya adalah agar bisa dimuat dalam spanduk yang terpasang di tempat cucian. Pemilihan nama bisa jadi tidak banyak berpengaruh pada keuntungan usaha, namun nama tetaplah sebuah doa. Pilih nama yang baik dan unik serta tetap berikan pelayanan yang terbaik agar semakin banyak orang yang tertarik mencucikan kendaraanya pada kita. Nama usaha bisa menggunakan nama sendiri, pelesetan dari bahasa Jawa atau bahasa asing, hingga menggunakan nama lain yang kita anggap bisa mendatangkan rezeki.

Baca Juga:

 

Perhitungan Modal Usaha Cucian Motor

 

Memperhitungkan modal yang harus dikeluarkan juga penting untuk dilakukan dalam memulai usaha. Dalam membangun usaha cucian motor, yang harus dihitung pertama kali adalah peralatan apa saja yang dibutuhkan. Seperti genset, semprotan air, sabun cuci, lap, dan lainnya. Jika usaha cucian motor turut menjual aneka makanan ringan, maka pertimbangkan pula sebagai modal. Cucian motor yang menyediakan televisi sebagai hiburan tentu membutuhkan biaya listrik. Hitungan usaha cuci motor juga harus mencakup tenaga kerja yang digunakan. Memperhitungkan modal secara cermat dan terperinci akan membantu kita dalam menentukan biaya pencucian motor serta margin keuntungan yang didapatkan.

Cucian motor seringkali merangkap cucian mobil. Untuk cucian mobil sendiri harus tersedia galangan khusus dan apabila diperlukan, alat derek yang bisa mengangkat mobil ke atas agar bagian bawahnya bisa dibersihkan dengan mudah. Namun ada juga tempat cucian khusus motor saja atau khusus mobil saja. Kita bisa menggabungkan cucian mobil dan motor apabila memang tersedia cukup dana dan tempatnya. Desain tempat cuci motor sederhana yang turut merangkap cucian mobil tentu akan membutuhkan ruang yang lebih lebar dan lega. Namun tentunya keuntungan yang didapat juga semakin berlipat ganda. Kita bisa mengembangkan cucian motor menjadi cucian motor dan mobil setelah terkumpul cukup keuntungan dari cucian motor yang pertama.

Hitungan usaha cuci motor yang cermat dan menyeluruh dengan ditunjang layanan yang memuaskan akan menjadikan usaha ini berkembang serta mendatangkan banyak keuntungan. Cucian motor termasuk usaha yang bisa ditemukan dengan mudah dan merakyat. Biaya untuk mencuci motor juga terjangkau, yaitu sekitar puluhan hingga belasan ribu rupiah saja. Banyaknya pengguna sepeda motor di Indonesia hingga ke desa-desa akan turut membantu membuka peluang sukses bisnis ini. Kita bisa menjadikannya sebagai usaha sampingan ataupun usaha utama sebagai sumber pendapatan sehari-hari. Usaha ini juga bisa dijalankan dari dalam rumah saja sehingga tidak membutuhkan biaya transportasi. Demikian uraian seputar bisnis cucian motor yang bisa kita jalankan. Semoga bermanfaat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *