Contoh Bisnis Waralaba Modal Kecil Menguntungkan

Posted on

Waralaba berasal dari kata ‘wara’ yang artinya lebih, dan ‘laba’ yang artinya untung. Waralaba dapat diartikan sebagai bisnis yang dipandang memiliki resiko gagal lebih kecil dan lebih mudah dibanding harus memulai usaha baru dari nol. Secara umum, sistem waralaba dilakukan dengan pelaku bisnis membeli satu paket bisnis dengan harga tertentu, sebagai gantinya penjual paket bisnis tersebut memberikan lisensi pada pelaku bisnis untuk memakai merek, manajemen, peralatan, bahan baku sebagai usaha awalnya. Istilah lainnya adalah melanjutkan usaha yang sudah ada dengan membuka cabang baru di tempat lain. Produk yang sudah dikenal di kalangan masyarakat menjadi modal utama untuk berkembangnya bisnis waralaba di cabang baru.

Di era sekarang bisnis waralaba banyak dilirik oleh para pemula atau bahkan pengusaha. Peluang yang ditawarkan dari bisnis waralaba ini dapat menjadi bisnis yang tahan lama, dengan produk yang sudah dikenal masyarakat. Para pelaku bisnis tentu ingin membuka bisnis dengan modal sekecil-kecilnya dan dapat mendapatkan keuntungan sebesar mungkin. Modal untuk menjalankan usaha sangat beragam. Besar kecilnya itu dipandang sangat relatif.

 

Contoh Bisnis Waralaba Modal Kecil Menguntungkan

 

Dilansir dari beberapa media, berikut beberapa contoh bisnis waralaba dengan modal kecil tetapi menguntungkan…..

Baca Juga:

 

Waralaba di bidang makanan dan minuman    

                

Bisnis Waralaba
Bisnis Waralaba

Bisnis di bidang makanan dan minuman memang cukup menjanjikan. Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok bagi setiap manusia, sehingga sudah pasti banyak yang mencarinya. Tetapi, di era sekarang permasalahannya adalah soal rasa dan menarik atau tidaknya makanan dan minuman itu. Tantangan dalam berbisnis waralaba di masa sekarang membutuhkan suatu inovasi baru untuk dapat menarik konsumen. Banyak sekali produk-produk makanan dan minuman yang terlihat lama tapi sudah di modifikasi sehingga memunculkan inovasi baru yang lebih menarik konsumen untuk membeli.

Saat ini telah banyak franchisor (pemberi waralaba) menawarkan paket-paket bisnis waralaba dengan harga yang relatif terjangkau. Mulai dari harga paket Rp 3.000.000,- bisa membeli paket bisnis makanan atau minuman. Fasilitas yang diperoleh yaitu paket lengkap berbisnis mulai dari meja outlet, bahan baku, peralatan, dan lainnya. Pihak franchesee (pembeli waralaba) hanya tinggal melakukan proses berbisnisnya mulai dari pemasaran produk sampai mendapatkan keuntungan dan bagi hasil. Untuk mengikuti bisnis waralaba makanan dan minuman agar terus berkembang, disarankan untuk memilih produk yang sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat.

 

Waralaba di bidang jasa percetakan

 

Waralaba di bidang jasa percetakan
Waralaba di bidang jasa percetakan

Bisnis waralaba ini banyak berkembang di lingkungan sekitar perkantoran dan pendidikan. Karena sasaran tersebut merupakan yang biasa memakai jasa percetakan. Jasa percetakan ini dapat berupa jasa print, fotocopy, percetakan banner, dan lainnya. Bisnis ini jika dirintis sendiri dari awal, sangat membutuhkan modal yang cukup besar karena perlu alat-alat untuk penunjang percetakan. Namun, jika menggunakan sistem waralaba, dapat merintis bisnis ini dengan lebih mudah dan modal lebih murah.

 

Waralaba di bidang jasa retail

 

Waralaba di bidang jasa retail
Waralaba di bidang jasa retail

Usaha di bidang retail sedang berkembang pesat untuk saat ini. Jasa retail diartikan sebagai menjual ulang produk, baik barang maupun jasa di tokonya. Modal untuk membuka usaha ini relatif terjangkau bahkan dengan kemudahan teknologi, bisnis ini dapat dikembangkan menjadi bisnis online. Bisnis online di bidang retail ini cukup bermodal paket data dan handphone saja. Hal ini dapat menghemat biaya untuk pembukaan toko. Sehingga biaya pembukaan toko dapat dialokasikan untuk hal lain. Produk jasa retail ini dapat berupa waralaba perangkat elektrik, waralaba minimarket (indomart, alfamart), waralaba jasa agen pengiriman barang, dan lainnya.

Bisnis retail ini dapat dilakukan dengan cara sebagai dropship. Dropship yang merupakan bisnis tanpa modal ini diartikan sebagai bisnis menjual kembali dan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli.

 

Waralaba di jasa laundry

 

Waralaba di jasa laundry
Waralaba di jasa laundry

Masyarakat saat ini sedang mengalami kemajuan teknologi. Munculnya segala bisnis-bisnis baru, bisnis laundry pun sudah berkembang sangat pesat. Modal untuk membuka usaha ini relatif terjangkau. Namun, banyak masyarakat yang tidak sempat untuk mengurus rumah dapat menggunakan jasa laundry. Bisnis ini cukup menjanjikan apabila dapat di tempatkan di tempat yang strategis. Sebelum membuka bisnis ini, sebaiknya memilih franchisor yang sudah dikenal masyarakat. Biasanya masyarakat yang sering menggunakan jasa laundry yaitu kelompok karyawan, mahasiswa rantau, dan lain sebagainya.

 

Waralaba di jasa kebersihan

 

Waralaba di jasa kebersihanWaralaba di jasa kebersihan
Waralaba di jasa kebersihan

Melihat kebiasaan masyarakat yang mulai dipadatkan dengan aktifitas kerja, memiliki tidak cukup waktu untuk membersihkan lingkungan. Meskipun ada, itu pun hanya sedikit. Hal ini mempengaruhi munculnya ide untuk membuka usaha waralaba jasa kebersihan. Entah itu kebersihan kantor, rumah, sekolah, dan lainnya. Sehingga dapat mengembangkan bisnis jasa kebersihan. Kemudian jasa ini dapat dikembangkan di bisnis online. Modal yang digunakan relatif lebih murah.

Itulah beberapa contoh bisnis waralaba dengan modal kecil yang menguntungkan. Modal kecil atau besar, itu tergantung dari si pemilik modal. Bertahan tidaknya dengan waralaba, hal itu tergantung dari produk bisnis yang diikuti. Sebaiknya memilih produk yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga, jika dilakukan pembukaan cabang baru, produk langsung bisa diterima oleh masyarakat….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *