Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Modern

Posted on

Hampir sebagian besar dari kita mengkonsumsi hewan ternak ini setiap hari. Menjadi sumber protein hewani, ayam adalah bahan makanan sehari-hari dengan harga terjangkau. Cita rasa olahan ayam juga dikenal lezat. Tidak heran kalau permintaannya terus meningkat setiap waktu. Ini membuat usaha ternak ayam mendatangkan peluang yang besar. Cara memulai usaha ternak ayam modern tidak begitu sulit.

Sebenarnya sudah banyak bisnis usaha beternak ayam yang berdiri di Indonesia, namun masih dirasa kurang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Apa lagi saat-saat tertentu ketika permintaan melonjak drastis seperti saat Hari Raya Idul Fitri misalnya. Pemerintah sendiri kadang harus mengimpor daging ayam dari luar negeri untuk membantu.

 

Cara Memulai Usaha Ternak Ayam Modern

 

Ternak Ayam Modern
Ternak Ayam Modern

 

Memahami lebih dalam Jenis Ayam Konsumsi

 

Dibanding beternak ayam adu atau ayam piaraan, tentu beternak ayam konsumsi lebih menjanjikan. Bayangkan, berapa banyak tempat makan atau restoran yang membutuhkan ayam konsumsi untuk dijual pada konsumen setiap harinya? Ada beberapa jenis ayam konsumsi yang dikenal di antaranya Ayam Broiler, Ayam Kampung, Ayam Petelur, dan Ayam Pejantan. Masing-masing jenis ayam tersebut memberi hasil yang berbeda dan difokuskan pada sistem ternak yang berbeda.

Banyak juga usaha kemitraan peternakan yang menaunginya. Sebagai contoh, Ayam Broiler identik dengan ayam berdaging tebal (gendut) dan harganya terjangkau. Ayam ini fokus diternakan untuk menghasilkan ayam berdaging tebal dengan ukuran yang lumayan.

Sedangkan jenis Ayam Kampung biasanya fokus diternakan dengan cara yang lebih spesial dan memajukan kualitas super ayam pedesaan. Dagingnya dinilai memiliki cita rasa yang lebih gurih, meski tidak setebal jenis ayam lainnya. Selain itu, nutrisi yang ada dalam ayam jenis ini lebih banyak. Begitu juga dengan Ayam Petelur yang fokusi diternakan untuk menghasilkan telur-telur.

Cara memulai usaha ternak ayam modern seperti Ayam Broiler ada beberapa langkah. Anda tertarik dan ingin mencobanya? Beternak ayam jenis ini biasanya berupa usaha berskala besar karena fokus menghasilkan ayam pedaging untuk dikonsumsi sehari-hari. Berikut langkah-langkah dalam memulai usaha ayam modern jenis Broiler dan tipsnya.

 

Baca Juga:

 

  1. Membeli Bibit Ayam Broiler

Bibit ayam yang dipilih adalah modal utama dalam menjalankan peternakan ayam. Bibit ayam seperti Ayam Broiler bisa didapatkan dari peternak utama atau penjual ayam peternakan. Pemilihan bibit ayam adalah proses penting. Wajib memilih bibit ayam berkualitas untuk menghasilkan ayam yang berkualitas pula. Agar dalam mencapai tingginya keuntungan ternak Ayam Broiler semakin besar.

Pilih bibit yang sehat, yang telurnya menetas tepat waktu, yang memiliki bulu indah dan tebal, serta terbebas dari cacat dan penyakit. Anda bisa meminta bantuan peternak lainnya untuk mendapat bibit ayam pilihan. Jangan lupa untuk cerdik memilih bibit, jangan sampai tertipu diberi bibit yang ternyata kurang bagus dengan harga bibit berkualitas.

 

  1. Menyediakan Lahan Khusus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bisnis usaha ternak Ayam Broiler biasanya memang usaha berskala besar. Sehingga Anda harus menyediakan lahan khusus yang dijadikan berjalannya proses ternak. Sediakan kandang berukuran lebar yang didirikan di lokasi jauh dari pemukiman warga, sumber transportasi berlalu-lalang, dengan arah timur membujur ke barat, dan dekat dengan sumber air.

Kemudian sediakan kandang dengan sistem pergantian udara yang baik. Usahakan kandang dengan toko peternakan berada di satu lahan dan tidak berjauhan. Terakhir, menyiapkan suhu udara yang disesuaikan dengan usia ayam. Dengan begitu cara memulai usaha ternak ayam modern akan berjalan lebih lancar.

 

  1. Proses Ternak dan Pemeliharaan

Selanjutnya ialah untuk memperhatikan proses ternak atau proses pemeliharaan ayam-ayam tersebut. Kualitas ayam yang dihasilkan oleh peternakan tergantung pada banyak hal, selain bibit dan lahan, proses pemeliharaannya juga menjadi salah satunya. Pemeliharaan di sini berupa bagaimana perkembangan dari ayam-ayam yang diternak, pemberian pakan, vaksinasi, dan penyakit-penyakit ayam yang biasanya mudah hinggap.

 

  1. Kebersihan Kandang (Sanitasi Kandang)

Langkah yang juga harus dilakukan sebagai cara memulai usaha ternak ayam modern Broiler adalah dengan rutin melakukan pemberian kandang setelah mengalami panen atau biasa disebut dengan Sanitasi Kandang. Anda wajib membersihkan kandang secara maksimal setelah musim panen datang seperti dengan menyiram air bersih ke seluruh bagian kandang, juga menyemprotkan cairan pembunuh kuman dan bibit penyakit.

Anda juga wajib mengontrol kesehatan ayam-ayam yang Anda ternak dan sigap bila menemukan ada ayam yang sedang terjangkit penyakit tertentu. Karena hama dan penyakit hewan ternak mudah menular pada sesama hewan ternak, bahkan bisa menular pada pemiliknya.

Permintaan akan ayam modern seperti Ayam Broiler kian meningkat. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dan menjalani rangkaian cara memulai usaha ternak ayam modern dengan tepat. Tipsnya, selalu cari referensi dan lakukan riset agar bisnis usaha peternakan ayam Anda berjalan sesuai harapan….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *