Cara Memulai Budidaya Puyuh bagi Pemula

Posted on

Bagaimana cara memulai budidaya puyuh dengan baik sehingga memberikan keuntungan yang berlipat-lipat? Hal ini pasti dapat dilakukan oleh Anda meskipun Anda adalah pemula. Salah satu cara memulai budidaya puyuh untuk pemula ialah dengan ketekunan dan keuletan dalam mengembangkan bisnis ternak. Mungkin banyak orang-orang di sekitar Anda yang merasa enggan dan malas untuk membudidaya puyuh sehingga inilah kesempatan Anda untuk memulai berbisnis dan mengais keuntuhan dengan bermodalkan tekun dan ulet.

Pemeliharaan yang baik sudah tentu dengan memperhatikan berbagai faktor seperti lingkungan, kebutuhan pakan dan kandang. Lalu bagaimana cara memulai budidaya burung puyuh? Berikut setidaknya akan dijelaskan beberapa cara agar Anda berhasil membudidaya puyuh dengan hasil berlimpah ruah.

 

Cara Memulai Budidaya Puyuh bagi Pemula

 

 Cara Memulai Budidaya Puyuh bagi Pemula
Cara Memulai Budidaya Puyuh bagi Pemula

 

  1. Lingkungan

 

Cara memulai budidaya burung puyuh yang pertama ialah memperhatikan lingkungan tempat puyuh akan dibudidayakan. Puyuh merupakan salah satu unggas yang memiliki tingkat kepekaan terhadap lingkungan yang tinggi. Jenis unggas ini sangat peka dan paling tidak cocok terhadap lingkungan yang cenderung bising. Lingkungan yang dekat dengan pasar, sekolah, industri, pabrik ialah tempat yang tidak baik dan tidak cocok karena tempat tersebut memiliki tingkat sumber kebisingan yang tinggi. Burung puyuh yang berada di tempat yang bising akan mengalami setres dan mengakibatkan produksi turun semakin menurun. Lungkungan yang sangat cocok untuk budidaya burung puyuh ialah lingkungan yang jauh dari pemukiman dan jau dari lokasi yang pernah atau sering terjadi bencana alam.

 

  1. Bibit yang Berkualitas

 

Salah satu syarat atau cara memulai budidaya puyuh yang paling mempengaruhi dari upaya budidaya puyuh ialah bibit. Bibit yang baik ialah bibit puyuh yang sudah siap untuk bertelur. Apabila syarat ini sudah siap dan sudah terpenuhi dengan baik maka syarat selanjutnya seperti kebutuhan kandang dan pangan menjadi faktor pendukung dari keberhasilan sebuah bisnis ternak.

 

  1. Kebutuhan Kandang dan Pakan

 

Syarat kedua yang harus diperhatikan sebagai salah satu cara memulai budidaya puyuh untuk pemula ialah pemeliharaan kebutuhan kandang dan pangan. Bagi Anda yang memiliki keseriusan untuk menekuni bisnis ternak puyuh, Anda sebaiknya mencari lokasi yang dekat dengan sumber air seperti sungai atau tempat yang memiliki sumur. Hal ini sangat penting karena air tidak hanya digunakan untuk memberi minum puyuh saja tetapi juga difungsikan untuk membersihkan perlengkapan puyuh seperti tempat kandang, tempat minuman, dan tempat makanan untuk puyuh.

Kandang yang cocok untuk puyuh lebih diutamakan terbuat dari bahan baku ataupun bahan kayu. Kandang sebaiknya dibangun dengan sistem pencahayaan yang baik sehingga kandang tersebut cukup mendapatkan sinar matahari yang baik, jauh dari kondisi yang lembab, dan fentilasi udara masuk dan keluar berjalan dengan baik. Kebersihan kandang juga harus diperhatikan mulai dari kegiatan membersihkan kandang, menempatkan makan dan minum ternak di tempat yang berbeda, serta dianjutkan menyalakan musik dengan volume yang tidak terlalu tinggi.

 

Baca Juga:

 

  1. Suhu yang Sesuai

 

Cara memulai budidaya burung puyuh yang lainnya ialah memperhatikan suhu. Untuk butung puyuh yang usianya dibawah 3 minggu maka Anda harus menyiapkan kandang dengan suhu yang hangat yaitu dengan cara meletakkan lampu pemanas. Melalui pemasangan lampu pemanas tersebut, Anda akan mengetahui perilaku puyuh yang kekurangan suhu panas dan kelebihan suhu panas. Burung puyuh akan berkumpul di sekitar lampu ketika suhu kurang panas sedangkan burung puyuh akan menjauhi sekitar lampu apabila suhu dirasa terlalu panas. Apabila burung puyuh sudah menyebar merata di seluruh kandang berarti suhu kandang sudah sesuai dengan kondisi burung puyuh tersebut.

 

  1. Pemeliharaan yang baik

 

Cara memulai budidaya puyuh yang terakhir ialah yang berkaitan dengan pemeliharaan. Pemeliharaan yang baik dari Anda sangat penting bagi keberlangsungan kesuksesan sebuah bisnis ternak. Anda sebagai pemilik bisnis budidaya ternak jauh akan lebih baik apabila memiliki sikap ulet, telaten, disiplin, tidak malas, yakin, tekun dan menyayangi. Sikap ulet yang Anda miliki sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya sebuah bisnis. Anda sebaiknya tidak terlalu bangga dengan hasil yang banyak dan tidak terlalu bersedih dengan hasil yang rendah. Percayalah jika semuanya adalah yang terbaik yang perlu disyukuri dan perlu ditekuni.

Anda juga diharuskan memiliki kemampuann untuk membagi waktu kapan memberi makan dan kapan memberi minum burung puyuh. Anda sangat tidak dianjurkan lupa memenuhi kebutuhan puyuh karena akan berakibat fatal. Sebagai seorang pembisnis sekaligus menekuni dunia bisnis ternak, Anda dianjurkan untuk menyayangi ternak Anda sebaik mungkin layaknya kelurga sendiri. Apabila lapar segeralah beri makan, apabila haus segeralah beri minum, apabila sakit segeralah berikan obat.

Demikian uraian singkat tentang cara memulai budidaya puyuh yang bisa diaplikasikan oleh para pemula. Diperlukan keuletan dan juga kesabaran sebelum akhirnya Anda bisa mengetahui seluk beluk bisnis ini. Selamat memulai budidaya puyuh……

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *